Senin, 22 Oktober 2018

Pidato Amanat pembina upacara: Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos)

 

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan  menyampaikan amanat pembina upacara tentang Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos)

Media sosial adalah sarana untuk menjalin hubungan komunikasi antar individu atau kelompok. Media sosial adalah media online atau dalam jaringan (daring) yang menyebabkan setiap orang dapat menjalin komunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia. Contoh medsos yaitu youtube, WhatsApp, Facebook, IG, Twitter, GooglePlus, Telegram, PATH dan lain-lain.

Medsos hendaknya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Misalnya untuk menyebarkan atau memperoleh  informasi yang baik. Sebagai sarana belajar mengajar atau media komunikasi dan silaturahmi. Menyebarkan kebohongan (hoax) adalah pelanggaran serius yang dapat diproses secara hukum. Menyinggung SARA dan menghina dalam  medsos juga merupakan pelanggaran hukum.


Contoh kasus pelanggaran di medsos yaitu mahasiswa S2 berinisial F yang menghina Kota Yogyakarta tahun 2014. Akibat perbuatannya ia dipenjara dua bulan. Seorang tukang sate berinisial M yang menghina presiden pada tahun 2014. Akibat perbuatannya ia berurusan dengan polisi.

Karena videonya menjadi viral di medsos, Seorang anak bernama Joni di NTT, mendapat banyak hadiah dari pihak pemerintah dan swasta. Ia diberi penghargaan karena memperbaiki tali di atas tiang bendera pada saat upacara peringatan 17 Agustus 2018. Sebaliknya seorang anak bernama Reza di Maluku,  tidak mendapat hadiah dari manapun. Padahal ia melakukan hal yang serupa dengan Joni. Karena aksi Reza tidak menjadi Viral di Medsos.

Demikian dampak positif dan negatif dari medsos yang luar biasa. Oleh karena itu marilah bersikap bijaksana dalam menggunakannya.  Misalnya berhati-hati dalam memposting foto atau data yang bersifat pribadi, karena dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berhati-hati dalam berteman karena medsos sering digunakan oleh pelaku kriminal untuk mencari korbannya. Jangan memposting sesuatu yang melanggar etika dan SARA. Dan yang terakhir, jagalah kerahasiaan password agar akun media sosial tersebut tidak disalahgunakan orang lain.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  1. Pidato Amanat pembina upacara: Generasi Anti Korupsi 
  2. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Pramuka 
  3. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang  Tahun Ajaran Baru
  4. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Olah Raga 
  5. Pidato Amanat pembina upacara: Hari Guru 
  6. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Israk  Mi’raj 
  7. Pidato Amanat pembina upacara: Yang Menghipnotis 
  8. Pidato Amanat pembina upacara: Tentang Kerapian 
  9. Pidato Amanat pembina upacara: Gemar Membaca dan Menulis 
  10.  Pidato Amanat pembina upacara: Bijak Menggunakan Media Sosial (Medsos)