Senin, 22 Oktober 2018

Contoh Pidato tentang Menuntut Ilmu | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Kepala Sekolah..... yang saya hormati Para Hadirin dan tamu undangan.
Puji syukur senantia kita panjatkan kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat-Nya kepada kita semua. Kehadiran kita di sini merupakan salah satu nikmat-Nya.
Para hadirin yang berbahagia
Dalam era teknologi yang telah berkembang sedemikian rupa, kita semua merasakan banyak sekali informasi yang masuk ke dalam benak kita. Dengan berbekal gawai yang segenggaman tangan, kita bisa mendapatkan miliaran informasi dari berbagai belahan dunia tanpa henti. Informasi tersebut mengalir deras bagai air terjun. Seandainya kita hendak membaca miliaran informasi tersebut, niscaya kita tidak akan mampu.

Tentu saja kita tidak perlu melahap semua informasi tersebut. Hal bijak yang bisa kita lakukan adalah mencari dan menerima informasi sesuai dengan kebutuhan kita. Semua informasi tersebut bisa menjadi hal yang bermanfaat atau sebaliknya menjadi hal yang sia-sia belaka.
Lalu lintas informasi yang tanpa henti tersebut bisa terjadi karena adanya teknologi yang kita sebut internet. Secara sederhana kita bisa menyebut bahwa internet merupakan teknologi yang menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia.
Sebelum lahir, teknologi internet  dianggap hal yang hampir mustahil. Sama mustahilnya dengan keinginan Bill Gates agar seluruh rumah tangga memiliki perangkat komputer di rumahnya. Nyatanya semua hal mustahil tersebut bisa dilakukan. Baik internet maupun perangkat komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-mari manusia zaman sekarang.
Para hadirin yang berbahagia,

Teknologi bisa berkembang seperti itu  karena ada sekelompok manusia yang sepenuh hati menuntut ilmu. Ya, setelah mereka belajar giat menuntut ilmu dengan didasari antusiasme tinggi dan daya juang yang tak kenal lelah, mereka berhasil mewujudkan cita-cita mereka-yang mustahil bagi sebagian orang.
Sampai di sini kita cukup menyadari bahwa dengan ilmu, manusia bisa melakukan apa saja yang dicita-citakannya. Ilmu merupakan sesuatu yang penting bagi umat manusia jika ingin terus berkreasi dan mengoptimalkan sejauh mana dia bisa bercita-cita dan bagaimana dia mewujudkan cita-citanya.
Untuk itu, saya mengajak kepada diri saya sendiri maupun para hadirin yang ada di ruangan ini, terutama rekan-rekan seperjuangan dalam sekolah. Mari bersama-sama menuntut ilmu dengan tekun dan penuh semangat.

Kita harus percaya bahwa ilmu yang kita peroleh selama bersekolah akan memberi manfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
Masih belum terlambat bagi kita untuk serius belajar IPA, Matematika, IPS, Agama, dan lain-lain. Kita harus percaya bahwa Tuhan telah menganugerahi kita otak yang mampu kita gunakan untuk menyerap ilmu yang bermanfaat.
Mari bersama-sama menuntut ilmu demi kemajuan diri kita sendiri, orang lain maupun bangsa dan negara. Selamat berjuang menuntut ilmu !
Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.