Senin, 15 Oktober 2018

Contoh Pidato tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan (Terbaru)


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

    Pembukaan atau Mukadimah:
(Silakan dilihat pada contoh pidato lainnya di situs ini)

Isi Pidato:
Alhamdulillah, pada tahun 2018 ini, bertepatan dengan 1439 Hijriyah, kita bisa berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan, yang mana pada bulan ini terdapat berbagai keistimewaan.

Keistimewaan yang terkandung dalam bulan Ramadhan di antaranya yaitu:

Pertama; Allah membukakan pintu ampunan dan Rahmat.
Kedua; Allah melipatgandakan nilai amal kebaikan atau amal soleh.
Ketiga; Ada suatu malam yang bernilai pahala 1000 bulan atau yang dikenal dengan sebutan malam lailatul qadar.

Banyak keistimewaan lainnya di bulan Ramadhan ini. Akan tetapi, yang akan kita bahas adalah 3 hal yang telah disebutkan tadi.

Hadirin yang berbahagia.
Kita selaku umat muslim bisa dikatakan rugi apabila keistimewaan di bulan suci ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Di bulan ini kita bisa meningkatkan kualitas ibadah kita dengan bersedekah, karena Allah telah berjanji akan mengganti setiap harta yang kita amalkan di jalan-Nya pada bulan Ramadhan dengan pahala yang amat banyak.

Di bulan ini kita juga bisa memohon ampun atas segala ke-khilaf-an di masa lalu, karena pintu ampunan terbuka lebar bagi siapa saja yang memohon kepada-Nya.

Selain itu, pada 10 malam terakhir, terdapat 1 malam kemuliaan yang nilai pahalanya 1000 bulan, apabila di malam tersebut kita berdzikir dan memohon atas kemuliaan yang terkandung di dalam lailatul qadar.

Jadi, lengkap sudah keistimewaan bulan Ramadhan.
Dikarenakan begitu istimewanya bulan ini, di zaman Rasulullah, para sahabat menangis ketika bulan Ramadhan berakhir.

Mengapa?
Mereka sedih karena berpikir apakah mereka dapat bertemu kembali dengan Ramadhan di tahun berikutnya.
Kita sebagai muslim yang baik, alangkah beruntungnya apabila kita mampu mempergunakan berbagai keistimewaan atau keutamaan bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak sedekah, berdo'a memohon ampunan, dan berusaha mendapatkan keutamaan malam lailatul qadar.

Semoga pidato yang singkat ini bermanfaat, khususnya bagi diri saya pribadi, dan umumnya bagi kita semua.

Sekian...
Wassalamu alaikum wr. wb.