Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan segala puji  bagi Allah SWT yang sudah memberikan limpahan rahmat serta nikmatnya kepada kita semua sehingga saat ini kita masih bisa menikmati udara segar dan bisa berkumpul dalam keadaan sehat dan suasana kekeluargaan yang berharga pada hari ini.
Kedua kalinya, sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan baginda Nabi besar Muhammad Saw yang telah memberikan tuntunan serta bimbingan kepada kita semua sehingga kita berada pada jalan yang terang benderang yang diridhoi oleh Allah Swt.
Bapak/Ibu dan para hadirin yang berbahagia
Pada kesempatan kali ini Saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan moral.
Pidato singkat ini akan saya tujukan terkhusus untuk diri saya sendiri khususnya dan umumnya untuk para hadirin sekalian.
Bapak/Ibu para hadirin yang berbahagia…
Suatu bangsa akan dianggap lemah, jika masyarakatnya sudah tidak dapat menunjukkan moral ketika  bertingkah laku.

Maka dari itu, menjaga moralitas sangatlah diperlukan agar kita terjauh dari pengaruh-pengaruh buruk yang bisa merusak nilai moral yang sudah kita jalani saat ini.
Dewasa ini, kehidupan manusia serba mudah dan praktis. Hal ini dikarenakan adanya semua fasilitas yang semakin memanjakan dan dengan kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk menjalankan berbagai aktivitas.
Jangan sampai kita mudah terbuai yang berdampak pada menyalahgunakan kemudahan-kemudahan yang kita dapat saat ini. Sebaliknya, Kita harus memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan yang lebih positif.
Bapak/Ibu sekalian,…
Memantau putra-putri kita agar terhindar dari berbagai macam potensi pengaruh buruk yang bisa merusak moral dan akhlak mereka merupakan kewajiban dari setiap orang tua. Orangtua harus selalu bisa memberikan nasehat yang mendidik kepada anaknya. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sebagai pondasi untuk membentengi anak-anak dari hal yang bisa menjerumuskan ke perilaku-perilaku yang negatif.

Cara untuk membentengi anak-anak dari perilaku yang buruk dengan mengajari mereka pendidikan agama sejak dini, memberikan informasi-informasi yang membuat mereka bersemangat untuk belajar, mengajak mereka ke suatu tempat yang sarat akan moral.
Tidak hanya itu, menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan-curhatan anak-anak, keluh kesah mereka untuk bisa memberi cara pandang baru untuk melihat suatu masalah serta menemukan solusinya adalah hal yang tidak kalah penting.
Sahabatku sekalian yang saya cintai,…
Arti sebuah moral sangatlah penting. Jika adat santun dan ramah sudah hilang dalam kehidupan sehari-hari, maka bangsa Indonesia tidak akan mampu menopang kokohnya pilar kebhinekaan.
Maka dari itu, marilah kita junjung tinggi nilai moral, menghargai perbedaan dan  etika bermasyarakat. Hal ini dimulai dari kita yang memegang peran sebagai orangtua, kemudian kita ajarkan kepada anak-anak kita, agar bangsa ini senantiasa terhindar dari hal yang tidak kita inginkan.
Kurang lebihnya Saya mohon maaf dan terima  atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.