Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Narkoba Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
 
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini dalam keadaan yang sehat dan tidak ada kendala atau halangan apapun.
Shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan Kita Nabi besar Muhammad SAW. Karena Beliaulah pemberi suri tauladan yang terbaik. Melalui perjuangan, pengorbanan, dan jerih payahnya,  saat ini Kita bisa terbebas dari kekufuran dan kejahiliyahan.
Pada kesempatan hari ini, Saya akan menyampaikan pidato singkat tentang bahaya narkoba untuk generasi penerus bangsa.

Saat ini, di Indonesia jumlah pengguna narkoba semakin meningkat. Hal ini dikarenakan lemahnya penegakan hukum dalam permasalahan ini. Para pengedar dari luar negeri memanfaatkan warga negara Indonesia agar bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar.
Penyalahgunaan narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa pengaruh buruk yang luas. Sehingga bisa memberikan kerugian yang sangat besar seperti gangguan kesehatan, perubahan perilaku, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, tindak kekerasan, kriminalitas yang semakin meningkat dan lain sebagainya.
Untuk menghindari penggunaan narkoba, bisa diantisipasi dengan mengadakan program-program yang bermanfaat seperti agenda-agenda sosial. Selain itu, juga sangat diharapkan untuk tidak bergaul dengan pengguna narkoba, tidak mudah terpengaruh dengan rayuan teman untuk mengkonsumsi narkoba.

Dan yang paling membuat miris adalah pengguna narkoba lebih banyak dari kalangan para remaja dan anak sekolah. Untuk menghindari hal-hal ini, sekolah juga harus sering-sering memberikan penyuluhan kepada para murid tentang bahaya dan dampak negatif dari penggunaan narkoba. Penyuluhan ini dapat dilakukan melalui Guru BP untuk diadakannya diskusi yang menyertakan para siswa dalam mencegah masuknya narkoba di sekolah.
untuk menghindarkan masuknya narkoba pada remaja pihak sekolah bisa mengadakan program waspada narkotika dengan cara mengidentifikasi bagaimana ciri-ciri siswa yang telah mengkonsumsi narkoba.

Seringkali pengedar atau juga pengguna narkoba  di sekolah sudah sangat paham tentang program-program di yang ada di sekolah untuk mencegah masuknya narkoba ke sekolah. Tentu saja mereka bisa mengatasinya dengan sebaik mungkin.
Tetapi, sepintar apapun mereka mengatasinya, kita tetap harus optimis bahwa narkoba ini bisa di berantas. Ya, setidaknya diminimalisir dengan cara apapun.
Tentunya cara-cara yang kita gunakan ini bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa kepada siswa. Selain itu, juga bisa meningkatkan kualitas karakternya dan yang paling penting para siswa bisa nyaman untuk tetap belajar.
Demikian sedikit pidato tentang narkoba yang bisa saya sampaikan. Jika ada kesalahan dalam penyampaian atau menyinggung pihak lain, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb.