Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Kenakalan Remaja Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Kepada Yth. Bapak Kepala Sekolah SMK Wahid Hasyim
Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh staff
Dan tak lupa teman-teman yang sangat Saya cintai dan Saya banggakan,
Pertama-tama, marilah kita sama-sama bersyukur kepada  Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan berkat yang sangat melimpah, sehingga Kita pada saat ini masih bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiyat dan tanpa halangan apapun.
Kita semua tahu bahwa banyak saat ini sudah banyak sekali terjadi kenakalan remaja yang disebabkan karena banyaknya perbuatan negatif di masyarakat. Contohnya seperti banyaknya orang tua yang terang-terangan merokok sehingga bisa ditiru dengan mudahnya oleh anak-anak di usia remaja. Meski awalnya hanya sekedar mencoba, tetapi lama kelamaan akan ketagihan, hingga berujung kecanduan.

Penyebab kenakalan remaja ini kebanyakan berasal dari orang tua yang terlalu sibuk dalam bekerja hingga tidak punya waktu sedikitpun untuk memperhatikan perkembangan pergaulan anak mereka. salahnya didikan yang diberikan oleh orang tua juga sangat berpengaruh terhadap kenakalan remaja. Selain itu, juga disebabkan karena faktor pergaulan remaja yang salah dalam memilih teman.
Memang, kita boleh saja berteman dengan siapapun. Tetapi ingat, kita juga tetap harus hati-hati dalam memilih teman, agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

Pergaulan yang salah ini seperti tawuran antar pelajar, geng motor, mabuk-mabukan dan lain sebagainya. Pergaulan yang seperti ini juga bisa memberikan kerugian menimbulkan korban jiwa, baik dari kalangan remaja bahkan menyangkut warga lain. Maka dari itu, segera jauhi pergaulan yang salah tersebut, karena hal tersebut bisa merugikan diri Anda sendiri.
Maka dari itu, gunakan masa remaja Anda dengan diisi beragam hal yang positif agar bisa berguna untuk diri sendiri, para orang tua, orang lain dan bangsa kita. Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, jika terdapat kesalahan, maka saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Wr Wb.