Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Pidato Singkat Perpisahan Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Segala puji hanya milik Allah rabb alam semesta, rabb yang menciptakan langit tujuh lapis dan juga dunia seisinya. Kita memuji kepada-Nya karena berkat nikmat dan karunia yang Dia berikan, yang dapat mempertemukan kita dalam ruangan yang insyaallah berbarokah ini.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Seorang manusia mulia yang menjual dirinya untuk menegakkan agama Allah (agama islam). Sehingga pada hari ini kita bisa menikmati manisnya iman, manisnya islam, semua itu kita rasakan karena perjuangan beliau.
Teman-temanku yang saya cintai, sudah genap 3 tahun kita menuntut ilmu di (nama sekolah). Pada hari ini, tibalah saatnya kita harus meninggalkan sekolah yang kita cintai ini untuk melanjutkan, meraih, mewujudkan cita-cita yang selalu kita impi-impikan.

Setelah perpisahan ini kita akan masuk ke level pendidikan yang lebih tinggi lagi, pendidikan yang lebih sulit dari yang telah kita lewati. Akan tetapi, kita harus selalu berusaha untuk berjuang, berjuang dan berjuang untuk melewati setiap masalah yang kita hadapi.
Kita harus senantiasa berusaha memecahkan masalah, mencari jalan keluar atas segala masalah dan tidak lupa bedoa agar masalah tersebut dapat cepat selesai. Dan jangan jadikan perpisahan ini sebagai pemutus persaudaraan, tali silaturahmi dan persahabatan di antara kita, wahai teman-temanku.
Walaupun kita nantinya tidak belajar di satu sekolah yang sama, di kelas yang sama. Tapi ingat teman-temanku, kita memiliki cita-cita yang sama yaitu untuk memajukan negeri tercinta ini. Oleh karena itu, selepas perpisahan ini janganlah di antara kita saling berjauhan, bermusuhan dan saling bercerai berai.

Selain itu kita juga harus selalu ingat dengan jasa yang diberikan oleh guru-guru kita. Seorang manusia mulia yang meluangkan waktunya demi untuk mendidik kita, seorang pahlawan tanpada tanda jasa. Kita harus selalu mengenang jasa mereka -mereka, karena tanpa lahirnya mereka apa artinya diri kita.
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada acara perpisahan yang mengharukan di pagi hari ini. Semoga nasihat yang sedikit tadi dapat masuk ke hati, dan semoga tidak terlupakan oleh hati. Apabila ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh