Senin, 22 Oktober 2018

Contoh Pidato Perpisahan SMA Kelas 12 Singkat Terbaru | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato



Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri
Yang saya hormati Ibu/ Bapak Guru SMA Negeri....
Yang saya hormati Orang tua kami, Wali murid Kelas 12
yang saya hormati para tamu undangan
Yang saya hormati para hadirin
Yang saya banggakan rekan-rekan Kelas 12
Dan yang saya sayangi perwakilan adik kelas 1 dan 2
Assalamualaikum Warah Matullahi Wabarakaatuh
Puji syukur senantiasa kita haturkan kepada Allah Subhanallahu Wataala atas limpahan nikmat dan karunia kepada kita sehingga bisa berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat walafiat.
Salawat dan salam selalu kita sampaikan kepada pemimpin besar , Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam...
Para hadirin yang kami hormati
Perkenankanlah, kami berdiri di tempat ini di hadapan ibu bapak semua untuk menyampaikan kata-kata yang begitu penting untuk kami ucapkan.
Saya berdiri di sini mewakili, rekan-rekan kami, siswa kelas 12-yang tinggal menghitung hari, akan meninggalkan sekolah ini dengan membawa ijazah dan kenangan selama kami berada di sini.

Untuk beberapa saat, terlintas dalam benak kami, peristiwa di mana kami mulai mendaftarkan diri untuk bersekolah di SMA tercinta ini, hingga kemudian diterima sebagai siswa kelas 1. Saat itu, kami sama sekali belum mengenal ibu dan bapak guru dan juga teman-teman. Seiring berjalannya waktu, di sela-sela kami belajar keras menempuh ilmu, kami mengenal ibu/ bapak guru dan teman-teman. Kami menyebut semuanya adalah keluarga besar SMA......
Setelah melalui proses, tak terasa setahun berlalu, kami naik ke kelas dua hingga akhirnya setelah melalui serangkaian tes yang menguras pikiran, akhirnya kami lulus juga.
Untuk itu semua kami bermaksud menghaturkan permohonan maaf kepada keluarga besar SMA N...yang terdiri dari ibu bapak guru, karyawan dan juga adik kelas 1 dan 2. Pasti banyak sekali kesalahan yang telah kami perbuat kepada ibu bapak guru. Kenakalan kami, kebodohan kami dan berbagai hal yang mengecewakan ibu bapak guru.
Kami juga meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada ayah dan ibu yang harus selalu bersabar ketika kami sulit untuk dinasehati.

Kami harus mengucapkan terima kasih kepada ibu/ bapak guru yang telah mendidik kami.
Akhirnya, tibalah waktunya bagi kami untuk undur diri dari SMA yang telah memberikan banyak sekali ilmu yang bermanfaat. Sungguh berat hati kami harus meninggalkan sekolah ini. Akan tetapi, kami harus terus melangkah untuk menggapai masa depan yang masih membentang di depan.
Kami mohon doa restu kepada Ibu bapak Guru dan karyawan dan juga kepada orang tua kami agar kami semua selalu diberi kelancaran dalam menggapai cita-cita kami.
Kemudian, kepada adik-adik kelas kami, tetaplah rajin belajar setiap hari.
Demikianlah pidato yang kami sampaikan, kami mohon maaf atas tutur kata yang kurang berkenan.
Wabilahi taufik walhidayah, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.