Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Pidato Pergaulan secara islami Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

 
 
Assalamualaikum.wr.wb.

 الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Yang saya hormati Bapak Kepala SMPIT Al Fidaa
Yang saya hormati Wakil Kepala SMPIT Al Fidaa
Yang saya hormati dewan guru dan menejemen SMPIT Al Fidaa
dan tak lupa teman temanku sekalian yang saya sayangi

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang tanpa hentinya memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua hingga saat ini. Tak lupa salawat serta salam kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. serta keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman kelak.

Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul "Pergaulan Remaja Secara Islami"

Pergaulan adalah cara seseorang untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Akan menjadi suatu hal yang aneh apabila ada seseorang yang mampu hidup sendiri. Bergaul adalah suatu kebutuhan penting bagi manusia yang merupakan makhluk sosial. Karena memang itulah firtrah manusia sebagaimana dalam Q.S. Al Hujurat ayat 13, yaitu

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ


Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Namun seiring perkembangan zaman muncullah istilah pergaulan bebas, yang berarti pergaulan bebas tanpa aturan. Sedangkan dalam islam telah diatur berbagai macam aturan hidup, salahsatunya tentang bergaul. Islam tidak melarang kita untuk bergaul dengan siapapun maupun lawan jenis, tetapi islam memiliki aturan yang berfungsi menjaga batasan antara yang bukan mahramnya. Bagaimana ciri seorang remaja yang bergaul secara islami?

Yaitu remaja yang menjaga kesopanan terhadap sesama muslim, sopan dalam berpakaian maupun perkataan. Selain itu etika juga dibutuhkan dalam bergaul. karena kita tidak bergaul dengan yang sama muda atau sebaya saja, tetapi juga dengan yang lebih muda atau lebih tua.

Bergaul secara islami, kita perlu tahu hal apa saja yang harus diperhatikan agar kita tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu

1) Menjaga Pandangan
    Sebagaimana dalam firman Allah Q.S An nuur ayat 30-31
2) Menutupn Aurat Secara Sempurna
    Terutama bagi muslimah, karena
     "Wanita adalah aurat. jika ia keluar maka setan akan memperindahnya" (H.R Tirmidzi)
3) Tidak Berkhalwat dengan yang Bukan Muhrim
4) Saling Mengingatkan Dalam Hal Kebaikan
     Ini sangat penting karena, apabila seorang muslim mengingatkan muslim lainnya salam berbuat kebaikan   dan apabila muslim yang diingatkan melakukan hal kebaikan itu, maka mengalirlah pula pahala bagi yang mengingatkan.

Demikianlah islam mengatur tentang pergaulan, bertujuan agar kita saling menjaga, menghormati, dan menyayangi karena Allah. Cinta atau sayang karena Allah adalah bukti ketulusan iman kita kepada Allah.

Kesimpulannya, dimana pun kita berada dan dengan siapa pun kita bergaul kita harus bisa menyesuaikan diri sesuai kaidah kaidah agama islam.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kesalahan maupun kekurangan. Terimakasih atas perhatiannya. Wabillahi Taufik wal hidayah

Wassalamualaikum.wr.wb.
 
 
 Pencarian Populer

  • ceramah singkat tentang sedekah
  • pidato agama islam tentang sedekah
  • contoh pidato tentang sedekah
  • teks pidato bersedekah
  • pidato agama islam tentang sedekah beserta hadist nya
  • contoh teks pidato tentang sedekah
  • pidato agama islam singkat tentang sedekah
  • ceramah tentang sedekah
  • teks pidato kampanyae calon comlegialatif
  • contoh ceramah tentang sedekah
  • pidato agama
  • pidato tentang agama
  • contoh pidato agama
  • pidato singkat tentang agama
  • contoh ceramah
  • pidato keagamaan
  • ceramah singkat
  • contoh ceramah singkat
  • pidato tentang keagamaan
  • contoh pidato tentang keagamaan