Senin, 15 Oktober 2018

Contoh Pidato Peresmian Masjid Baru



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   

Berikut ini naskah pidatonya:

Mukadimah atau Pembukaan:
Bismillahirrahmanirrahiim...
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuhu...
Innalhamdalillah, nahmaduhuu wanasta'inuhuu wanastagfiruhu, wanauudzubillahi min sururi anfusinaa wa min sayyiati a'maalinaa mayyahdillahu falaa mudillalah, wa man yudlilhu falaahadiyalah...
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. Atas berkah dan rahmat-Nya kita masih diberikan kesehatan hingga hari ini. Dengan kesehatan itu, alhamdulillah, pada hari yang berbahagia ini kita dapat berkumpul dalam acara peresmian masjid baru di desa kita ini.

Salawat serta salam semoga tetap tercurah-limpahkan kepada Nabi kita, yakni Nabi Muhammad SAW. Tak lupa juga kepada keluarganya, sahabatnya, para pengikutnya, dan mudah-mudahan sampai kepada kita selaku umatnya.

Isi Pidato:
Saya berdiri di mimbar ini, tiada lain hanya untuk memenuhi kewajiban saya sebagai ketua DKM Masjid ... yang alhamdulillah, masjid yang selama ini kita dambakan bisa selesai dibangun.

Mudah-mudahan, ini merupakan awal yang baik untuk kita dalam rangka mendekatkan diri pada Allah SWT.

Ucapan terima kasih juga tak lupa saya ucapkan kepada Bapak-Bapak yang telah membantu dalam pembangunan ini. Baik yang membantu dengan hartanya, tenaganya, dan pikirannya, semoga menjadi amal saleh. Seperti janji Allah yang akan mengganti dan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan.

Terima kasih juga kepada Bapak Kepala Desa yang telah menyempatkan waktu untuk hadir pada acara ini.

Baiklah, tanpa panjang-lebar lagi, saya persilakan Bapak KADES (Kepala Desa) untuk meresmikan masjid baru ini secara simbolis dengan menggunting pita di hadapan kita semua.

Alhamdulillah...
Tadi Bapak Kades sudah meresmikan masjid baru kita ini.

Mulai hari ini, mari kita gunakan masjid ini sebagai sarana ibadah dalam meningkatkan ketakwaan kita.

Penutup:

Selanjutnya...
Mari kita tutup acara peresmian masjid ini dengan doa.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalaamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuhu...