Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Ceramah Singkat tentang Kebersihan

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi pidato bahasa arab, pidato bahasa inggris, pidato bahasa jawa, kumpulan pidato bahasa jawa, pidato islami, kumpulan pidato, pidato pernikahan, pidato sambutan, teks pidato, kumpulan pidato anak, kumpulan pidato agama, aplikasi kumpulan pidato, kumpulan pidato bahasa arab, kumpulan pidato islam, kumpulan pidato islami, kumpulan pidato bahasa inggris, kumpulan pidato lengkap, kumpulan pidato lucu, kumpulan mukadimah pidato, kumpulan naskah pidato, kumpulan pidato offline, kumpulan pidato sambutan, kumpulan pidato singkat, kumpulan pidato bahasa sunda, kumpulan teks pidato, pidato sambutan pernikahan, teks pidato sambutan, aplikasi teks pidato, teks pidato bahasa arab, teks pidato bahasa jawa, contoh teks pidato, contoh teks pidato singkat, teks pidato islam, teks pidato lucu, teks naskah pidato, teks pidato singkat, buku pidato bahasa inggris, Naskah Pidato, Kumpulan Naskah Pidato, Kumpulan Naskah Pidato Lengkap, Pidato Sambutan, Kumpulan Pidato Sambutan, Kumpulan Pidato Sambutan Lengkap, Pidato Islami, Kumpulan Pidato Islami, Kumpulan Pidato Islami Lengkap, Kumpulan Naskah Pidato Islami

Kumpulan Naskah Pidato Islami Lengkap, Pidato Sambutan Indonesia, Kumpulan Pidato Sambutan Indonesia, Kumpulan Pidato Sambutan Indonesia Lengkap, Teks Naskah Pidato, Kumpulan Teks Naskah Pidato, Kumpulan Teks Naskah Pidato Lengkap, Kumpulan Pidato Lengkap, Contoh Naskah Pidato Lengkap, Contoh Naskah Pidato Islami Lengkap, Contoh Naskah Pidato Sambutan Lengkap, Kumpulan Pidato Mudah dan Lengkap, Contoh Mukadimah Pidato, Kumpulan Pidato Singkat dan Lengkap, Kumpulan Naskah Pidato Terbaru Lengkap, Contoh Teks Naskah Pidato, Pidato Sambutan Indonesia Terlengkap, Kumpulan Contoh Teks Pidato, Naskah dan Teori Pidato, Kumpulan Pidato Terbaik, Contoh Naskah Teks Pidato, Pidato Sambutan Bahasa Jawa, Contoh Pidato Sambutan, Teks Pidato Mudah Dan Lengkap, Kumpulan Pidato Singkat dan Padat, Naskah Teks Pidato Terlengkap, Naskah Pidato Terbaru, Contoh Mukadimah Pidato Terlengkap, Kumpulan Pidato Acara Perpisahan Sekolah, Pidato Tentang Hari Ibu (Singkat & Terbaik), Kumpulan Pidato Singkat, Kumpulan Pidato Khutbah, Pidato Sambutan Penyerahan Pengantin Pria Lengkap, Kumpulan Teks Pidato Resmi, Kumpulan Naskah Pidato Terbaru, Contoh Mukadimah Pidato Lengkap, Pidato Peringatan Tahun Baru Islam (1 Muharram), 8 Pidato Bahasa Jawa Terbaik, Pidato Bahasa Jawa, KUMPULAN PIDATO BAHASA INGGRIS, Kumpulan Pidato Acara Pelepasan Jamaah Haji, Kumpulan Pidato Acara 7 Bulanan Mapati Kehamilan
dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

 
 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim

Jamaan sekalian yang saya cintai, disini saya akan sedikit menyinggung tentang ‘’kebersihan’’. Sebagaimana hadis rasulullah yang artinya Artinya:,
“Bersuci itu sebagian dari iman, membaca alhamdulillah adalah memenuhi timbangan amal, membaca subhanallah walhamdulillah adalah memenuhi seisi langit dan bumi, salat sunah adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, sabar adalah sinar yang memancar, dan Al-Qur’an adalah hujjah (argumen) dalam pembicaraanmu.
Setiap manusia pada waktu pagi hari, hakekatnya harus memperjualbelikan dirinya. Ada kalanya ia laba (selamat dari maksiat) dan ada kalanya rugi (terseret maksiat) (H.R. Muslim: 328).
Dari hadis diatas dapat diartikan jika kebersihan adalah bagian dari iman, jadi tidak dikatakan beriman bagi seorang muslim jika dia tidak perduli tentang kebersihan.
Selain itu perintah Allah tentang bersuci juga jelas, ketika kita buang hajat kita wajib membersihkan diri, ketika akan solat kita wajib wudhu atau tayamum bahkan setelah junub pun kita berkewajiban untuk mandi janabah.

Semua itu dapat diartikan jika bersuci adalah termasuk menjaga kebersihan dan kebersihan termasuk perintah dari Allah dan melaksanakan perintahNya adalah bagian dari iman kita kepada Allah. Jika kita tidak melaksanakan perintahnya brarti kita bukan termasuk hambaNya yang beriman dan bertaqwa.
Allah menciptakan air di dunia ini sudah pasti ada sebab dan fungsinnya yaitu untuk membersihkan diri. jadi banyaklah bersyukur ketika kita hidup di lingkungan yang tidak kekurangan air sedikitpun. karena air adalah pemberian Allah yang seharusnya kita jaga dan lestarikan dengan tidak mengotorinnya.
Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.
Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh