Minggu, 21 Oktober 2018

Contoh Ceramah Singkat tentang Menuntut Ilmu

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.




Contoh Pidato

 
 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.
Baiklah bapak ibu dan saudara-saudara sekalian, disini saya akan sedikit membahas tentang menuntut ilmu. sebagaimana firman Allah dalam surah AL-Mujadalah ayat 11 yang artinnya Artinya : “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat.”
Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa keutamaan orang yang mau menuntut ilmu baik itu ilmu dunia maupun akhirat, karena dengan ilmu kita tidak akan buta saudara-saudara. Kita dapat melihat segala sesuatu dari sudut pandang manapun dan dengan demikian fikiran kita selalu jernh dan bijak dalam mengambil segala keputusan.

Sebagai contoh sejak kecil kita disekolahkan, kita dapat membaca, menulis, berhitung, menganalisa, dan kita mempelajari beraneka ragam ilmu akademik maupun terapan seperti matematika, fisika, bioligi, sosiologi, akutansi, PPKN, pendidikan agama, dan lain sebagainnya.
Dengan ilmu tersebut wawasan kita menjadi semakin beragam, dari fisika kita jadi tahu kalau ait dapat berubah wujud, dari matematika kita dapat berhitung. Dari ilmu agama kita dapat mengetahui sejarah islam, aqidah akhlak dan bagaimana sharusnya kita bersikap kepada Allah dan sesama manusia.

Jika kita hanya berdiam diri tanpa mau belajar kita akan buntu dari melihat segalannya, apalagi sebagaimana pentingnya ilmu agama yaitu untuk masa depan akhirat kita nanti, karena ilmu agama sendiri sangat banyak kita tidak hanya belajar di sekolah dan kajian ilmu saja kita juga belajar dari kehidupan sehari-hari. Baik tu ketika membantu orang, beramal, sedekah, solat dan sebaainnya.
Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.
Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.