Senin, 22 Oktober 2018

Contoh Amanat Pembina Upacara SD tentang Rajin Belajar | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya. 

Contoh Pidato



Assalamualaikum warah matullahi wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat bapak ....selaku Kepala Sekolah
yang saya hormati para guru dan karyawan
dan yang saya banggakan para murid SD......


Anak-anakku semua

pada kesempatan pagi hari ini, ada beberapa hal yang akan saya sampaikan. Dimulai dari evaluasi saya pribadi terhadap jalannya upacara pada pagi hari ini. Secara umum, para petugas upacara sudah cukup bagus dalam menjalankan tugasnya. 

Kemudian, hal berikutnya yang hendak saya sampaikan adalah mengenai tugas utama para pelajar. Sejenak cobalah ingat-ingat apa tujuan kalian bersekolah di SD tercinta ini. Mungkin banyak yang menjawab, tidak ingat pak. Betul sekali, kalian berada di sekolah ini, bukan keinginan kalian sendiri melainkan keinginan ayah/ ibu kalian. Ayah ibu kalian memasukkan kalian ke lembaga pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga berada di tempat ini, memiliki tujuan agar kalian mendapatkan ilmu.

Ayah ibu kalian sangat mengharapkan kalian akan mendapatkan banyak ilmu yang akan berguna bagi kehidupan kalian kelak. 

Untuk itu, jangan kecewakan harapan orangtua kalian. Belajarlah dengan tekun agar ilmu-ilmu yang diajarkan bapak ibu guru bisa kalian serap dengan baik.

Ada beberapa tips ringan untuk belajar baik ketika di sekolah maupun di rumah. Jika di sekolah, perhatikanlah setiap materi yang diajarkan bapak ibu guru. Perhatikan dengan penuh konsentrasi agar materi bisa kalian terima dengan baik. Kalian juga tidak perlu menghiraukan teman kalian yang mencoba mengajak bercanda atau berbicara. Sebab, bisa-bisa kalian tertinggal pelajaran.

Nah, sesampainya di rumah. Bacalah kembali materi pelajaran yang diberikan bapak ibu di sekolah. Atur waktu yang tepat untuk belajar. Jika masih kebingungan mengatur waktu, cobalah kalian meminta tolong ayah dan ibu untuk mengatur waktu sekaligus menemani kalian saat belajar.

Jika ada PR, segera kerjakan. Setelah itu, persiapkan materi pelajaran untuk esok hari. Bacalah materi yang kira-kira akan diberikan oleh Ibu bapak guru.

Kira-kira itu saja yang bisa saya sampaikan. Saya mohon maaf jika ada kesalahan
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuuh.