Senin, 15 Oktober 2018

Ceramah Islami Singkat tentang Manfaat Jujur (dilengkapi dengan kisah Nabi Muhammad)



Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,Pidato Kristen,,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

Pembukaan atau Mukadimah:

Assalamu'alaikum wr. wb.

Puji serta syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT.

Atas rahmat dan karunia-Nya, kita dapat berjumpa kembali pada acara kuliah tujuh menit atau kultum di kampus/sekolah tercinta ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah-limpahkan kepada Rasulullah S.A.W (Shallallahu 'Alaihi Wasallam), kepada keluarga dan sahabatnya, serta mudah-mudahan kita pun mendapatkan safa'at nya kelak di hari akhir.


Isi atau Pembahasan:

Hadirin yang saya hormati.

Jujur merupakan sifat terpuji yang sebaiknya dimiliki oleh setiap orang. Dengan bersikap jujur, banyak manfaat yang dapat kita peroleh, diantaranya yaitu: mendapatkan kepercayaan dari orang lain, dan hidup kita secara psikologis akan lebih tenang.

Dalam Al-Quran surat At-Taubah ayat 119, Allah SWT berfirman.

Audzubillahi minassyaithoonirrajiim bismillaahirrahmaanirrohiim.

"Yaa ayyuhalladziina aamanuttaqullooha wakuunuu ma'asshoodiqiin". Artinya: "Hai orang-orang beriman, bertakwa-lah kalian kepada Allah SWT, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar".

Maksud dari ayat tersebut yaitu Allah menyeru kepada orang yang beriman kepada-Nya agar bertakwa (melaksanakan perintah-Nya). Setelah itu, Allah memerintahkan untuk selalu bersama dengan orang yang benar.

Dalam bahasa arab, "benar" itu disebut As-Shidiq.
Selain sifat Amanah, Fathonah dan Tabligh, satu sifat yang lain dari Rasulullah S.A.W yaitu "As-Shidiq" yang artinya benar atau jujur.

Jika kita mengenang perjalanan hidup Rasulullah S.A.W.. Dia pernah menjalani hidup sebagai penggembala dan pedagang.

Ketika menjalani profesi sebagai pedagang, Ia tidak menentukan laba atau keuntungan oleh dirinya sendiri. Keuntungan yang didapat dari hasil ia berdagang adalah murni dari pemberian pembeli. Saat berdagang ia selalu menyebutkan harga asli suatu barang yang dijualnya (harga barang ketika ia membeli dari orang lain sebelum dijual lagi).

Kejujurannya itu membawa berkah bagi dirinya. Karena kejujuran tersebut banyak orang yang berlangganan (menjadi pembeli tetap) kepada nya.

Sifat jujur-nya dalam berniaga terdengar oleh siti Khadijah R.A. (Radiallohu Anha) seorang saudagar kaya. Karena rasa penasarannya, Khadijah ingin membuktikan sendiri kejujuran Nabi Muhammad, dan ternyata yang ia dengar selama itu tentang Muhammad adalah sebuah kebenaran.

Hingga pada akhirnya siti Khadijah terkesan dan melamar Nabi Muhammad S.A.W untuk menjadi suami-nya.

Subhanallah...

Dari kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad yang jujur itu, kita dapat mengambil Ibrah (pelajaran yang berharga) bahwa jujur itu membawa berkah dan manfaat bagi orang itu sendiri dan bagi orang lain.

Manfaat jujur untuk diri kita sendiri yaitu:
  1. Akan merasakan ketenangan psikologi atau batin. Secara medis juga membuktikan bahwa detak jantung seseorang dapat meningkat saat berkata bohong. Itu membuktikan bahwa jujur dapat menenangkan hati
  2. Akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain.
Selain itu, orang lain yang diperlakukan jujur akan merasa dirinya dihormati (meski pada beberapa kondisi tidak selamanya demikian).

Oleh sebab itu, mari kita berusaha untuk menjadi orang yang jujur agar kita mendapatkan ketenangan batin, mendapatkan kepercayaan dari orang lain, dan tentunya jujur adalah sifat yang dianjurkan dalam Islam.

Semoga ceramah yang singkat ini bermanfaat, khususnya bagi saya sendiri dan umumnya bagi kita semua.

Kita akhiri kultum ini dengan doa.
Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil-aakhiroti hasanah, wa qinaa adzaabannaar.

Wassalamu 'alaikum wr. wb.