Senin, 22 Oktober 2018

5 Pidato Anak Pesantren (Hari Santri Nasional)

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، الْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلْنَا مِنَ النَّاصِحِيْنَ، وَأَفْهَمْنَا مِنْ عُلُوْمِ الْعُلَمَاءِ الرَّشِخِيْنَ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى مَنْ نَسَخَ دِيْنُهُ أَدْيَانَ الْكَفَرَةِ وَالطَّالِحِيْنَ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ كَانُوْا بِتَمَسُّكِ شَرِيْعَتِهِ صَالِحِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ.

Yang kami muliakan pengasuh pondok pesantren (..........)
Yang kami hormati para ustadz dan ustadzah
Yang kami hormati para tokoh agama, tokoh masyarakat
Yang saya banggakan santriwan santriwati pondok pesantren (...........)

Puja dan puji syukur mari kita haturkan kepada Allah SWT. Atas segala limpahan nikmat, segala limpahan rahmatnya sehingga pada saat ini kita bisa berjumpa bersama dalam rangka memperingati hari santri nasional di tahun 2018 ini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat dan salam, mari kita haturkan kepada baginda nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya besok di hari akhir. Semoga dengan kecintaan dan sholawat kita semua dicintai  pula oleh nabi mulia dan akan mendapatkan pertolongan syafaat. Amin yarobbal alamin.

Hadirin yang saya hormati

Hari santri nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober pada setiap tahunnya. Dengan adanya peringatan hari snatri ini tidak hanya kita jadikan sebagai peringatan atau seremoni saja namun harus kita buktikan bahwa dengan adanya santri dan dengan adanya peringatan hari snatri nasional ini para santri di nusantara ini bisa semakin eksis, bisa semakin maju. Terkadang kita mendengar berita yang tidak enak, berita yang memojokkan santri bahwa santri ini terkenal dengan radikal katanya snatri tidak NKRI. ini sungguh tidak benar. 

Mana ada santri tidak cinta negaranya sendiri? mana ada santri tidak bergerak hatinya melihat kekacauan negeri ini. Kita flasback pada tahun tahun kemerdekaan. Betapa pentingnya peran santri dan pondok pesantren dikala iti. Betapa semangatnya para santri dan Kiayinya untuk melawan para penjajah. Betapa semangatnya para santri dan Kiayinya melafalkan kata merdeka. Semua demi apa? Demi kita bebas dari penjajahan, demi bangsa Indonesia merdeka. Eh sekarang kok malah dibilang santri anti NKRI.

Para santri dan santriwan yang saya cintai

Sebagai santri tentu kita harus memiliki tujuan yang baik, apa tujuan kita mesantren di pondok? Tak lain tujuannya adalah mencari Ilmu agama, mensyiarkan ilmu agama dan menghilangkan kebodohan yang kita miliki. Niatkan yang ikhlas insyaallah Gusti Allah akan meridhoi kita. Langkah kita akan dimudahkan dan setiap detiknya kita akan diberikan pahala oleh Allah SWT.

Dengan adanya peringatan hari santri nasional ini mari kita lebih bersemangat dalam mencari ilmu agama, agar kita bisa selamat dunia dan akhirat. Dengan mesantren janganlah takut kita tidak bisa makan, kita tidak bisa memiliki pekerjaan tapi dengan niat yang ikhlas kita mencari ilmu agama nanti jalan untuk mendapatkan dunia juga akan mudah. Insyaallah.

Hadirin yang dirahmati Allah
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, dari awal hingga akhir kurang lebihnya
mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.