Senin, 22 Oktober 2018

4 Pidato Perpisahan SD Kelas 6 Singkat, Terbaik | Kumpulan Pidato

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya. 

Contoh Pidato



Yang Terhormat Bapak Kepala SD......
yang saya hormati Ibu/ Bapak Guru dan Karyawan SD......
yang saya hormati wali murid siswa Kelas 6 SD..
dan yang saya banggakan teman-teman murid kelas 6 SD.....
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanallahu wataala atas limpahan nikmat yang diberikannya kepada kita, sehingga pada hari ini kita semua bisa berkumpul dalam ruangan ini untuk mengikuti acara penglepasan atau perpisahan murid kelas 6
Shalawat dan salam juga kita haturkan pada Rasulullah Salallahu Wassalam semoga kita kelak mendapat syafaatnya di hari akhir...
Bapak Kepala dan Bapak Ibu Guru SD N dan para hadiri yang saya hormati
Perkenankanlah saya mewakili teman-teman murid kelas 6 untuk menyampaikan sepatah dua patah kata perpisahan kepada bapak ibu Guru dan adik kelas kami, para murid SDN......

Hari ini saya merasakan, waktu begitu cepat berlalu. Enam tahun berlalu sudah di depan kita semua, bagai sebuah kendaraan roda dua yang melaju cepat melaju di hadapan kita. Rasanya baru kemarin, kami menjadi murid kelas 1 di sekolah ini. Saat itu, kami datang dengan berbagai kondisi yang berbeda-beda; ada yang diantar oleh ibu, ada yang harus ditunggu oleh ibu hingga jam pelajaran selesai dan ada juga beberapa dari kami yang memang terbiasa mandiri sehingga tidak perlu diantar.
Kemudian datanglah Ibu Guru kelas 1, berusaha berkomunikasi dengan kami, anak-anak kecil dengan segala polah tingkah kami. Dengan sabar, Ibu guru yang baru kami kenal tersebut berbicara dengan lembut namun cukup tegas untuk membuat kami diam menyimak setiap ucapan dari Ibu Guru.

Setelah itu, perlahan-lahan, kami mulai bisa membaca, menulis, belajar sopan santun dan pelajaran-pelajaran lainnya.
Untuk itu, izinkanlah kami menghaturkan banyak terima kasih atas segala jasa-jasa Ibu Bapak Guru yang telah mendidik kami. Kami tidak mungkin bisa membalas jasa-jasa Ibu Bapak Guru.
Ibu Bapak Guru,

Selama enam tahun bersekolah di sekolah ini, kami pasti telah banyak melakukan kesalahan pada Bapak Kepala Sekolah dan Ibu Bapak Guru di sekolah ini. Saat itu, kami tidak pernah sedikitpun berfikir bagaimana perasaan Ibu Bapak Guru ketika menghadapi kenakalan-kenakalan kami yang berbeda-beda, ada yang suka ramai sendiri, ada yang suka mengganggu temannya, dan berbagai kenakalan lainnya.
Akan tetapi, hari ini kami menyadari bahwa kenakalan-kenakalan kami ternyata cukup merepotkan Ibu bapak guru. Untuk itu, perkenankanlah kami mohon maaf atas semua perilaku kami yang tidak mengenakkan hati Ibu Bapak Guru. 

Begitu juga kepada Orang tua kami, kami ucapkan terima kasih karena telah merawat dan mendidik kami. Kami juga mohon maaf, karena pasti banyak kesalahan yang kami lakukan.
Kemudian, bagi adik-adik kelas, kami mohon maaf atas semua kesalahan yang telah kami perbuat pada kalian. Pesan kami, janganlah kalian malas, teruslah belajar dengan giat, tekunlah membaca buku, marilah kita kejar cita-cita kita.
Untuk teman-teman kelas 6 yang telah lulus, mari kita bersama-sama berjuang demi cita-cita.
Terakhir, dengan penuh harap, kami memohon doa restu  pada Bapak Kepala Sekolah, Ibu Bapak Guru, orang tua kami dan adik kelas, agar setelah meninggalkan sekolah ini senantiasa diberi kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi segala macam tantangan kehidupan yang sudah menunggu kami.
Wabilahi taufik walhidayah, Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatuh
 

Contoh Pidato Perpisahan 2

Yang Terhormat Bapak Kepala SD......
yang saya hormati Ibu/ Bapak Guru dan Karyawan SD......
yang saya hormati wali murid siswa Kelas 6 SD..
yang saya hormati para tamu undangan
dan yang saya banggakan teman-teman murid kelas 6 SD.....

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Puji Syukur kepada Allah Subhanallahu wataala atas limpahan karunianya sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka penglepasan murid Kelas 6 SD.....
Shalawat Salam kita haturkan pada Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wassalam semoga kita mendapat syafaatnya dari dunia hingga akhirat, Amin

Ibu Bapak Guru
Orang tua Kami dan
Para Hadirin yang saya hormati
Pada kesempatan pagi ini, perkenankanlah saya mewakili murid kelas 6 SD.....berdiri di sini untuk menyampaikan beberapa hal kepada para hadirin semua.
Bagi kami, murid kelas 6 SD......hari ini adalah hari yang bersejarah, sebab hari ini adalah hari di mana kami harus meninggalkan sekolah ini, sebuah sekolah yang di dalam setiap ruangannya menyimpan cerita. Di situlah kami dulu belajar, menyimak penjelasan dari Ibu Bapak guru.
Juga di situlah kami semua pasti pernah melakukan kesalahan kepada sesama teman-teman dan Ibu Bapak Guru.
Untuk itu, kami mohon kerelaan hati Ibu Bapak Guru, teman-teman, dan adik kelas  untuk memaafkan semua kesalahan kami.
Ucapan terima kasih yang tak terhingga juga kami haturkan kepada
Ibu Bapak Guru atas kesabarannya dalam mendidik kami, kami merasa bangga bisa bersekolah di SD ini

Ayah dan Ibu atau wali murid atas kesabarannya dalam merawat kami,
 teman-teman kelas 6 atas persahabatan yang indah
dan adik kelas kami juga atas persahabatan ini...
Terakhir, kami mohon diri untuk meninggalkan sekolah ini sekaligus mohon doa restu agar kami senantiasa mendapat kemudahan-kemudahan dalam proses menempuh jenjang pendidikan berikutnya hingga nanti menggapai cita-cita kami.
Demikian yang dapat kami sampaikan, atas kekurangannya kami mohon maaf
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh