Sabtu, 23 Juni 2018

Teks Pidato Tentang Hari Pendidikan Nasional Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat bapak/ibu Kepala SMP….
Yang sangat saya hormati bapak dan ibu guru berserta jajarannya
Yang saya sayangi teman-teman sekalian
Terucap syukur yang teramat dalam kepada sang pencipta kita Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat dan rahmat yang sangat luar biasa sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan ini dalam keadaan yang tidak kurang suatu apapun. Shalawat serta salam tak henti-hentinya kita ucapkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju ke zaman yang terang benderang dengan ilmu seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia,
Hari ini tepatnya tanggal 2 mei kita semua memperingati “hari Pendidikan Nasional” dimana seperti yang kita rasakan Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini dapat diartikan juga bahwa setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan dan mengembangkan dalam hal pendidikan serta merupakan pintu gerbang utama kita dalam melihat dan menyikapi keadaan dunia. Walaupun seperti yang kita ketahui, bahwa pendidikan yang pertama kali kita dapatkan adalah pendidikan dilingkungan keluarga.
Jika kita berbicara tentang pendidikan, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang siapa pelopor dibaliknya, “K.H DEWANTARA”. Siapa yang tidak mengenalnya?. Beliau merupakan sosok penggagas pendidikan di Indonesia, peranannya sangatlah penting dan berdampak sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Sehingga tanggal kelahirannya pun dijadikan sebagai hari bersejarah, yakni     “hari Pendidikan Nasional”. Tidak hanya itu salah satu dari beberapa semboyan ciptaannya adalah “tut wuri handayani” yang kini menjadi slogan Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia.

K.H DEWANTARA merupakan Pahlawan yang berjuang untuk kemajuan masyarakat Indonesia dalam bidang pendidikan. Dahulu, dalam pengasingan di Belanda “soewardi” yang kita kenal sekarang dengan bapak pendidikan ini mengikuti organisasi para pelajar Indonesia, disini ia juga merintis cita-citanya memajukan kaum pribumi dengan memperoleh ilmu pendidikan.
Setelah kembali ke Indonesia tahun 1919, soewardi dengan sekatan langsung bergabung dalam sekolah binaan saudaranya sebagai tenaga pengajar. Dan setelah mendapat pengalaman mengajar inilah kemudian beliau mendirikan sekolah yang menjadi tempat kaum pribumi mendapat pendidikan yang layak, yang kemudian dinamakan “TAMAN SISWA”.
Teman-teman semua,

Setelah kita mengingat sejarah tentang hari pendidikan dan mengingat kembali perjuangan K.H DEWANTARA, betapa beliau sudah banyak berkorban untuk kita semua. Mengalami pengasingan dan perlawanan dari orang-orang yang tidak setuju dengan cita-citanya.
Di hari yang baik ini, Marilah kita teruskan perjuangan yang telah ditorehkan K.H DEWANTARA, jangan sia-siakan perjuangan yang telah dilakukan oleh beliau. Sebagai pelajar, perjuangan yang paling baik yang dapat kita lakukan adalah dengan menuntut ilmu. Terus lah menuntut ilmu sampai ke liang lahat.   Teruslah berjuang agar generasi muda kita mampu menyetarakan diri dimata dunia.
Demikian pidato saya, mohon dimaafkan jika terdapat kekurangan dan kepada sang pencipta kita saya mohon diampunkan.
Wassalamualikum Wr.Wb.


Mungkin Yang Kamu Cari: