Sabtu, 23 Juni 2018

Pidato Memperingati Hari Pahlawan 10 November

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato



Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan berkah serta rahmat-Nya kepada kita semua yang hadir diruangan ini.
Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah,

Yang saya hormati guru-guru,
Serta teman-teman dan adik-adik yang saya sayangi dan saya banggakan.
Tak lupa pula shalawat serta salam selalu kita haturkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW yang selalu kita harapkan syafaatnya di yaumil akhir.
Pada pagi yang cerah ini kita masih diberikan usia yang panjang untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat, selain itu hari ini tanggal 10 november bertepatan dengan hari Pahlawan. Dimana pada hari Pahlawan ini merupakan hari yang bersejarah tidak hanya bagi kita sebagai masyarakat, namun juga bagi seluruh Bangsa Indonesia. Pada hari yang baik ini, marilah kita menengok kembali sejarah perjuangan para pahlawan kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa kemerdekaan bangsa kita tidak didapat dari hasil pemberian melainkan perjuangan. Apakah kalian masih mengingat berapa lama kita hidup dibawah tekanan penjajahan Jepang dan Belanda? Itu saja sudah cukup mengingatkan kita betapa berat penderitaan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan dulu.
Sekarang mari kita bayangkan, dalam kurun waktu yang sangat lama jika tidak ada para pahlawan yang rela mengorbankan pikiran, tenaga, harta, serta nyawa mereka, Apakah Bangsa kita ini akan menghirup Aroma Kebebasan dan merasakan Kemerdekaan yang mutlak seperti hari ini? Mereka melawan para penjajah dengan berbagai cara, dari bergerilya hingga yang terang-terangan. Setelah semua yang telah kita ketahui mengenai perjuangan para pahlawan kita, apakah yang hendaknya kita lakukan?

Bersyukurlah kita karena hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan oleh pemerintah kita dengan menetapkan hari ini, 10 November sebagai hari Pahlawan dan tugas kita kini adalah menjaga bangsa ini agar tidak lagi mengalami penjajahan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, menjaga kesatuan dan persatuan serta kedaulatan bangsa kita. Tak lupa pula untuk selalu menyertakan do’a untuk para pahlawan kita agar arwahnya diterima disisi-Nya.
Sebelum saya menutup pidato ini, marilah kita teriakkan dengan segenap jiwa raga kita “MERDEKA”…
Semoga bangsa kita ini senantiasa dikaruniai kemerdekaan yang abadi dan kita semua selalu dalam lindungannya. Aamiin..
Sekian pidato saya, maaf atas segala kekurangan dan kepada Allah saya mohon ampun.
Wassalamualaikum Wr.Wb



Mungkin Yang Kamu Cari: