Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Cinta Tanah Air Indonesia


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato



    Pembukaan Pidato Tentang Cinta Tanah Air (Silahkan anda dapat menambahkannya dengan kata kata pembukaan oleh anda sendiri sesuai keinginan anda).

Isi Pidato Tentang Cinta Tanah Air

Hadirin SMP EMBUN yang saya cintai, Nabi Ibrahim Alaihissalam pernah berdoa. Do’a beliau juga termaktub dalam kitab suci umat Islam. Dalam Surat Al Baqoroh ayat 126 yang artinya, “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim As. berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rizki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian.”

Do’a Nabi Ibrahim tersebut mengisyaratkan bahwa beliau sangat mencintai tanah airnya sehingga beliau memohon kepada Tuhan agar menjadikan negerinya aman dan sentosa. Dalam Islam, Nabi Ibrahim disebut sebagai Bapak Para Nabi, dengan demikian kita sebagi kaum Nabi Muhammad harus mengikuti teladan Nabi Ibrahim tersebut, yaitu mencintai tanah air kita.
contoh teks pidato cinta tanah air indonesia

Nabi Muhammad sendiri pernah bersabda bahwa mencintai tanah air adalah sebagian dari iman. Artinya, jika kita mencintai negeri kita berarti kita menambah iman kita kepada Sang Maha Pencipta.

Hadirin yang saya cintai, sekarang ini, banyak gerakan separatis yang ingin memecah belah keutuhan NKRI, kita sebagai penerus masa depan bangsa tidak boleh ikut mendukung gerakan tersebut. Karena gerakan-gerakan tersebut hanya ingin memuaskan kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak pernah mencintai tanah air tempat mereka bernaung. Mereka pun tidak pernah merasa berterima kasih atas pahlawan yang telah gugur demi berdirinya tanah air tercinta ini.

Oleh karena itu, keutuhan NKRI adalah harga mati dan tidak boleh diganggu gugat. Kita harus terus berpartisipasi demi kemajuan tanah air kita sebagai wujud kecintaan kita dan rasa syukur kita terhadap negeri ini.

Penutup Pidato tentang Cinta Tanah Air (Silahkan anda tinggal menambahkan kata kata penutup dari anda sampai diakhiri dengan salam)







Mungkin Yang Kamu Cari: