Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Tentang Persahabatan Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat bapak/ibu kepala SMP……
Yang saya hormati bapak/ibu guru serta jajaran staf tata usaha
Yang saya sayangi teman-teman semuanya
Beribu-ribu ucapan syukur tak henti-hentinya kita panjatkan untuk sang khalik yang selalu kita agung-agungkan. Sang pencipta alam semesta, langit dan bumi ini Allah SWT.
Tak lupa pula kita bershalawat untuk kekasih Allah SWT kita nabi yang selalu kita banggakan dan kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir, nabi Muhammad SAW.
Hadirin yang saya sayangi,

Menurut saya, sahabat adalah teman untuk berbagi dengan atas dasar keikhlasan, tanpa adanya maksud-maksud tertentu yang tersirat. Jika teman hanya ada dimomen-momen tertentu, hal itu berbeda dengan sahabat yang ada disegala moment.
Bahkan, jika persahabatan yang telah dijalin dalam waktu yang lama dan memiliki kemistri akan lebih mudah untuk mengenali sahabatnya. Seperti saat sahabatnya sedang dalam keadaan yang bersedih mungkin, atau sedang dalam mood yang tidak baik, atau sedang memiliki masalah yang sulit. Jika kemistrinya sudah terjalin, hal tersembunyi seperti itu tak sulit untuk ditebak.
Bagi sebagian orang, sahabat lebih mengetahui lebih banyak hal-hal yang lebih individual dibanding orang-orang lain disekitarnya. Dan pertanyaan sederhana yang akan saya lemparkan kepada teman-teman semua adalah “apakah teman-teman disini memiliki sahabat ?”. unutk pertanyaan yang satu ini biarlah teman-teman sekalian menjawab didalam hati. Kita semua mengetahui jika alangkah baiknya jika kia mencari teman sebanyak-banyaknya.
Namun, apakah itu juga sama dengan mencari sahabat ?. jawaban yang sangat simple adalah “tidak bisa”. Karena mencari sahabat bukan dengan memilah dan memilih dengan siapa kita ingin bersahabat, memasang standar untuk sahabat yang kita inginkan. Karena pada hakikatnya, persahabatan terjalin dengan adanya seleksi alam.

Sekali lagi, carilah teman sebanyak-banyaknya. Namun, jangan cepat menilai dan menyimpulkan bahwa seseorang yang senan mendengar curhatan kita, keluh kesah kita adalah sudah pasti sahabat kita.
Bapak, ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya banggakan..
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sahabat, jika kita memiliki sahabat secara sederhana artinya kita telah memiliki teman dekat yang senantiasa mendengarkan kita ketika bercerita, membantu kita untuk belajar berkembang, dan belajar tentang artinya berkehidupan social.

Tidak semua orang beruntung diberikan seorang sahabat yang mampu menemani dalam berbagai keadaan. Dari keadaan saat ada dipuncak kesuksesan maupun saat berada di satu titik terendah dalam kehidupannya. Namun satu hal yang perlu diingat, jika kalian telah menyadari kalian diberikan seorang sahabat oleh Allah SWT, maka jagalah dan berbuat baiklah. Karena, tidak semua diberikan kesempatan yang sama.
Tak banyak yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Saya akhiri pidato ini
Wassalamualaikum Wr.Wb


Mungkin Yang Kamu Cari: