Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Tentang Peringatan Nuzulul Qur’an


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


  Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang terhormat, marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah dimanapun kita berada, baik dalam keadaan sendirian maupun dalam keramaian, baik dalam keadaan senang maupun sedih. Serta senantiasa lah kita panjatkan puji syukur kehadirat-Nya yang sudah memberikan nikmat rizki serta kesehatan dan umur kita sampai saat ini sehingga kita dapat berkumpul bersama untuk memperingati acara yang semoga dimuliakan oleh Allah SWT.

Isi Pidato Nuzulul Qur’an

Hadirin yang berbahagia
Pidato yang akan saya sampaikan kali ini adalah tentang memperingati Nuzulul Qur’an. Bulan suci Ramadhan selain bulan yang penuh rahmat dan pengampunan juga sangat dikenal sebagai bulan mulia karena di bulan Ramadhan diturunkan kita suci Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk bagi kaum muslimin. Sebagaimana yang telah Allah firmankan pada surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya :

“Bulan Ramadhan itu adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (pedoman) Al-Qur’an sebagai petunjuk dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” (QS. Al-Baqarah : 185)

Ayat tersebut mengingatkan kita untuk banyak bersyukur kepada Allah, karena dengan datangnya kita suci Al-Qur’an ini kita bisa selamat baik di dunia maupun di akhirat.

Hadirin yang saya hormati.
Kita tidak boleh buta huruf, apalagi tidak bisa membaca ayat Al-Qur’an, maka dari itu saya himbau kepada para orang tua untuk mengajarkan pada anak-anaknya tentang membaca dan menulis huruf hijaiyah dan belajar tentang agama Islam agar kelak kita mereka tidak buta huruf dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Hadirin yang saya hormati.
Melalui peringatan Nuzulul Qur’an ini marilah kita berusaha supaya menjadi orang yang gemar membaca Al-Qur’an dan menjaga lidah serta memberi makan kepada orang yang kelaparan apabila kita ingin dirindukan oleh surga.

Penutup Pidato Nuzulul Qur’an

Hadirin yang saya hormati.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada acara peringatan Nuzulul Qur’an ini, semoga kita termasuk orang-orang yang dirindukan oleh surga dan semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Mungkin Yang Kamu Cari: