Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Pahlawan Nasional Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Yth.Bapak Kepala SMAN…
Yang saya hormati bapak/ibu guru serta Staff TU
Yang saya banggakan teman-teman semuanya
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, yang telah memberikan kita hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat diruangan ini. Shalawat serta salam marilah selalu kita sanjung agungkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang tela membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang ini. Terimakasih kepada bapak dan ibu guru yang telah memberikan saya kesempatan untuk berdiri disini menyampaikan pidato dalam memperingati hari Pahlawan yang jatuh tepat dihari ini.
Apakah yang akan terlintas dibenak kita, jika kita menyebut kata “pahlawan” ?. ya, tentu akan sangat erat kaitannya dengan perjuangan, penjajahan, perlawanan, pengorbanan, semangat patriotisme dan nasionalisme, serta yang lainnya. Pahlawan adalah sosok figur yang akan selalu menjadi kebanggaan bangsa, karena pengorbanan yang telah mereka lakukan untuk bangsa dan Negara. Kita tidak akan melupakan perjuangan seperti apa yang telah dilakukan para pahlawan kita, karena kini pemerintah telah banyak membangun monumen-monumen yang selalu bisa mengingatkan kita akan perjuangan itu. 

Dewasa ini, semakin sedikit masyarakat yang menyadari arti pentingnya perjuangan para pahlawan kita. Mereka menganggap bahwa apa yang telah dilakukan oleh pejuang kita terdahulu tidaklah lagi penting dan tak perlu lagi diingat. Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita harus menyadari arti pentingnya sebuah perjuangan dan mengingat selalu apa yang telah dilakukan oleh pejuang kita, agar kita senatiasa terus berjuang untuk bangsa kita tercinta ini.
Berjuang yang dimaksudkan untuk seorang pelajar adalah  dengan menuntut ilmu, karena dengan menuntut ilmu kita memahami perubahan-perubahan yang terjadi. Kita juga menjadi mengerti mana yang baik untuk dilakukan dan tidak serta mampu menyaring berbagai informasi yang kita diterima dari luar. Karena penjajahan yang sesungguhnya adalah penjajahan yang tersembunyi.
Mari sama-sama kita sebagai pelajar, sebagai generasi penerus bangsa mulai berjuang. Berjuang untuk  meneruskan apa yang sebelumnya dilakukan oleh para pahlawan kita dengan membuat bangsa dan Negara kita semakin cerdas, berani, dan berjiwa kepemimpinan. 

Mari sekalian kita teriakkan “ HIDUP PAHLAWAN INDONESIA”, “HIDUP INDONESIA”
Sebelum saya menutup pidato ini, mari kita berdoa dalam hati kita agar para pahlawan kita diterima amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik disisi-Nya. Mohon maaf atas segala kekurangan dan saya ucapkan terima kasih.
Waalaikumsalam Wr.Wb



Mungkin Yang Kamu Cari: