Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Tentang Global Warming

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Contoh Pidato 



Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Ibu …….
Yang saya hormati bapak dan ibu guru SMP…. Beserta jajarannya
Yang saya sayangi teman-teman dan adik-adik semua
Pertama-tama, marilah kita panjatkan syukur yang teramat dalam atas kehadirat Allah SWT karena telah menciptakan kita semua dan memberikan apa yang telah kita butuhkan baik kesehatan, keberkahan, keselamatan sehingga kita bisa mengikuti kagiatan hari ini.
Shalawat beserta salam semoga selalu tercurah kepada kekasih Allah SWT, junjungan kita nabi Muhammad SAW kepada keluarga, sahabat, dan seluruh umatnya hingga akhir zaman nanti.
Bapak dan ibu guru yang saya hormati dan teman-teman serta adik-adik yang tengah berbahagia,
Dewasa ini, kita mulai merasakan perubahan-perubahan dengan keadaan alam disekitar kita, misalnya mulai terjadi kenaikan permukaan air laut dan meningkatnya cuaca yang ektrem. Akibat-akibat pemanasan global inilah yang akhirnya berdampak pada hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Di Indonesia sendiri misalnya, akibat perubahan cuaca yang terjadi secara signifikan para petani yang hasil pertaniannya mengandalkan musim penghujan kini sulit memprediksikan intensitas curah hujan di daerah tersebut karena itu akan berakibat pada kualitas hasil panen dimusim itu.

Jika sedari tadi kita telah berbicara mengenai Dampak dari pemanasan global, maka kita harus mengetahui pula apakah yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global. Penyebab-penyebab terjadinya pemanasan global antara lain adalah, penggunaan listrik yang berlebihan, tidak adanya halaman yang ditanami pepohonan, model rumah yang memiliki banyak kaca, polusi dari bahan bakar kendaraan, polusi asap dari industri pabrik, pembakaran hutan dan illegal loging, bocornya lapisan ozon, kurangnya ruang terbuka hijau, serta terus bertambahnya jumlah kendaraan setiap harinya. Itukah beberapa penyebab dari sekian banyak penyebab terjadinya pemanasan global.
Dari sekian banyak penyebab dan Dampak yang sudah terjadi yang kita rasakan saat ini, masih ada hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi Dampak pemanasan global saat ini.
Bapak dan ibu guru, serta teman-teman dan adik-adik semua..

Sudah saatnya kita turut andil untuk mengurangi dampak dari pemanasan global ini. Banyak hal yang dapat kita lakukan dan hal itu bisa dimulai dari diri kita sendiri. Seperti contoh, tanamlah pohon setiap ada kesempatan, hemat-hematlah dalam menggunakan listrik, maksimalkan pencahayaan dari alam, hindari posisi stand by pada barang-barang elektronik, gunakan pembersih yang ramah lingkungan, dan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi. Hal-hal yang demikian sangatlah terlihat sederhana, namun sangat besar dampaknya untuk kehidupan kita dimasa mendatang.

Satu hal yang ingin saya katakan sebelum mengakhiri pidato saya ini,
Saya mengajak teman-teman semua untuk lebih peduli pada lingkungan sekitar kita, karena kepedulian kita saat ini, anak cucu yang akan rasakan nanti.
Saya akhiri, wassalamualaikum wrwb.



Mungkin Yang Kamu Cari: