Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Singkat Hari Raya Idul Fitri Terbaru


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato



     Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Hadirin yang berbahagia.
    Marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan sekaligus mengucapkan syukur yang sebanyak-banyaknya atas nikmat Allah yang selama ini kita rasakan. Shalawat serta salam tak lupa saya panjatkan kepada Nabi kita Rasulallah SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah ke zaman yang penuh dengan ilmu dan cahaya-cahaya kebersamaan ini.


    Isi Pidato Idul Fitri

    Saudara-saudaraku yang berbahagia.
    Pada hari ini yaitu hari Idul Fitri termasuk hari yang dimulyakan oleh Allah SWT dimana semua orang Islam sama bergembira karena mereka telah memperoleh kemenangan untuk berperang melawan hawa nafsu selama satu bulan penuh untuk menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

    Dan hari ini juga merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat Islam di penjuru dunia yang telah berhasil melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh sebagai tanda, bahwa mereka telah berhasil menundukan hawa nafsu mereka untuk taat kepada Allah SWT sekalipun berat rasanya karena menginggalkan perkara yang sebelumnya diperbolehkan dengan pengertian yang halal saja tidak diperbolehkan apalagi yang haram.

    Saudara-saudaraku yang terhormat.
    Hari ini, kita diharamkan untuk berpuasa dan dibebaskan dari api neraka serta diberikan pahala yang berlipat ganda. Disamping itu para malaikat memohonkan ampun kepada Allah dan bersalaman dengan orang-orang yang melakukan shalat Ied seperti kita semua ini. Mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang yang dimohonkan ampun oleh para Malaikat dan juga bersalaman dengan mereka. Amiin.

    Berbahagialah para kaum muslimin yang telah menunaikan kewajiban yang telah ditetapkan kepada kita sebagai umat Islam untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk membersihkan lahir dan batin kita serta menjadi sebab diterimanya puasa kita di bulan Ramadhan.

    Penutup Pidato Idul Fitri
    Hadirin yang terhormat dan berbahagia.
    Demikianlah pidato yang dapat saya samapaikan, mudah-mudahan pidato yang sudah saya samapikan bermanfaat untuk kita semua, mohon maaf jika ada salah-salah kata dan Minal Aidin Wal Faizin mohon maaf lahir batin.







Mungkin Yang Kamu Cari: