Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Isra' Mi’raj Terbaru


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat.
Bapak Kepala Desa beserta jajarannya, yang terhormat kepada Bapak Kyai dan Ustadz, tak lupa juga kepada para rekan-rekan yang sudah hadir dan berkumpul dalam acara peringatan hari Isra Mi’raj ini.

Hadirin yang terhormat.
Dalam kesempatan yang sangat berbahagia ini marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa bermuwajahah bersama-sama untuk merayakan hari Isra Mi’raj Nabi SAW.

Hadirin yang berbahagia.
Pidato yang akan saya sampaikan ini menerangkan peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Kita sebagai hamba Allah wajib berikhtiar untuk berusaha memperbaiki taraf hidup kita sebaik mungkin agar kita bisa merasakan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak.

Bulan rajab adalah salah satu bulan yang di dalamnya terdapat suatu peristiwa yang sangat besar bagi ummat Islam. Dimana pada bulan tersebut Rasulullah SAW di isra’kan dan di mi’rajkan oleh Allah SWT pada suatu malam di bulan rajab yang memang semata-mata di Isra’kan oleh Allah dalam waktu sesingkat-singkatnya untuk menguji iman para sahabat saat itu dan juga iman kita sekarang.

Bagi orang yang mempunyai iman sempurna maka akan bertambah imannya, tetapi bagi orang yang imannya rapuh akan berpaling dan tidak percaya dengan peristiwa itu. Maka marilah kita merenung sejenak tentang jalannya jam tangan atau lainnya, dimana secara wajar jalannya jam itu selama satu hari satu malam sebanyak dua puluh empat jam. Akan tetapi jika kita yang menjalankannya dalam waktu satu menit saja sudah mencapai berpuluh-puluh jam.

Hadirin yang berbahagia.
Marilah kita manfaatkan yang sebaik-baiknya sisa-sisa hidup kita ini untuk memperbanyak amal perbuatan baik, karena siapa tahu kita akan kedatangan masa dimana saat itu ada seseorang yang di pagi hari beriman dan di petang hari kafir, dan di pagi hari kafir di petang hari beriman dia menjual agamanya dengan harta benda dunia.

Hadirin yang berbahagia.
Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan apa yang telah kami sampaikan diiringi dengan hidayah dan ridha Allah serta ada manfaat bagi kita semua. Amiin.


Mungkin Yang Kamu Cari: