Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Isra' Mi'raj Bahasa Jawa Terbaru


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


       


    Poro Bapak poro Ibu, hadirin sedoyo ingkang kulo hormati.
    Puji syukur Alhamdulillah kaulo aturaken dateng gusti Allah SWT. ingkang sampun maringi pinten-pinten anugerah ingkang mboten saged kulo lan panjengean sedoyo itung katahipun, lan ugi sebab ridlo lan irodah ipun Allah, wonten ing saat sa'meniko, kulo lan panjenengan sedoyo sami-sami bermuwajjahah, pinanggih lan kempal sareng-sareng, wonten ing puniko majelis ingkang penuh barokah, mengenang kembali peristiwa ingkang bersejarah ingkang dipun alami dening Kanjeng Nabi Muhammad saw, inggih puniko tepat tanggal 27 Rajab tahun 11 sangking kenabian, utawi sewelas tahun sa' sampunipun Kanjeng Nabi nampi "SK" keangkat dados utusanipun Allah SWT. Inggih puniko naliko Kanjeng Nabi yuswa 51 tahun.
    Contoh Teks Pidato Isra' Mi'raj Bahasa Jawa

    Isi Pidato Isra’ Mi’raj :

    Piyambakipun dipun timbali dening Allah, dipun tindakaken isro mulai saking Masjidil haram (Makkah) ngantos dumugi Masjidil Aqsa (Palestina). Selajeng Kanjeng Nabi mi'raj utawi dipun unggahaken mawi kendaraan ingkang cepetipun kados kilat (buraq), saking Masjidil Aqsa minggah dateng langit sap pitu ngantos dumugi Sidratul Muntaha, perlu nampi perintah saking Allah SWT. kanjeng Nabi soho umatipun dipun wajibaken nindakaken shalat gangsal wekdal.

    Poro Bapak poro Ibu hadirin sedoyo!
    Mangga wontenipun peringatan isra' mi'raj saat meniko kita sambut kanthi giat ningkataken amal ibadah terutami amal ibadah ingkang dados intinipun utawi hasilipun isra' mi'raj inggih meniko ibadah shalat gangsal wekdal, supadosa kito terjaga saking sifat keji lan munkar.
    Kejawi saking menika, Kanjeng Nabi ugi dawuh wonten ing salah setunggilipun hadits:

    اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدِّيْنِ، فَمَنْ أَقَامَهَا فَقَدْ أَقَامَ الدِّيْنِ، وَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ هَدَمَ الدِّيْنِ **الحديث

    Artosipun:
    Solat iku dadi cagake agama, mula sapa wonge ngadegaken shalat berarti deweke ngadegake agama, lan sing sapa wonge ninggal shalat berarti deweke ngrubuhaken agama.
    Penutup Pidato Isra’ Mi’raj :

    Poro Bapak poro Ibu hadirin sedoyo!
    Dados mekatenlah pentingipun sholat, wonten Agama Islam, saged dipun umpama'aken minangka dados cagak atawa tiang, keranten sanget pentingipun sampun ngantos kito meniko ngremehaken utawi ngendhe-ngendhe sholat, supados gesang kito meniko selalu diberkahi dening Allah SWT. Amin.

    Kintenipun cekap sementen atur kulo kirang langkungipun nyuwun agungipun pangapunten.


    وَبِاللّٰهِ التَّوْفِيْقُ وَالْهِدَايَةُ
    وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهٗ




Mungkin Yang Kamu Cari: