Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Manfaat Membaca Buku


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Alhamdulillah wa syukurillah wa sholatu wa sallamu’ala rasulillah sayyidina wamaulana Muhammadin wa’ala alihi wa shahbihi wa mawwalah, amma ba’dah.
    Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SDN Jatirokeh 1.
    Yang terhormat dewan guru SDN Jatirokeh 1 dan seluruh siswa-siswi SDN Jatirokeh 1 yang Ibu sayangi dan Ibu banggakan.
    Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Berkat rahmat dan kasih sayang-NYA kita dapat berkumpul melaksanakan kegiatan rutin yaitu upacara setiap hari senin dalam keadaan sehat dan penuh semangat. Solawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah kezaman penuh ilmu seperti sekarang ini.


      Isi Pidato Manfaat Membaca Buku :
 
    Pada kesempatan yang baik ini, marilah kita belajar membaca dengan mengikuti jejak Rasul pada saat mengajak masyarakat qurais agar bertauhid kepada Allah SWT melalui wahyu jibril yang ketika itu disuruh mengucapkan Iqra’ (bacalah!). Seperti kata slogan “Buku adalah jendela dunia” dan kegiatan membaca buku adalah suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih banyak tentang dunia.
    Anak-anakku sekalian yang Ibu banggakan. Membaca itu bukan kegiatan yang hanya dilakukan anak sekolah saja. Tetapi, membaca adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, orang dewasa, bapak atau ibu guru maupun orang-orang yang telah berusia lanjut. Buku adalah sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai ilmu pengetahuan, sosial, budaya maupun aspek kehidupan lainnya. Selain itu dengan membaca dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita. Dan tanpa kita sadari manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita.
    Bapak ibu guru yang saya hormati dan anak-anakku yang Ibu sayangi. Manfaat membaca buku itu banyak sekali.

        Manfaat yang pertama, dengan membaca buku dapat menjaga otak agar tetap aktif dan tidak akan pelupa atau (pikun).
        Manfaat yang kedua, kebiasaan membaca buku dapat membuat pikiran lebih santai. Contohnya ketika kalian melaksanakan UAS atau UN untuk kelas enam jika sebelumnya selalu rajin belajar dan membaca maka tidak akan takut mengikuti UAS atau UN bahkan nilai ujian pun akan baik.
        Manfaat yang ketiga, membaca buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Kita akan menjadi manusia yang berilmu dan berwawasan luas.
        Manfaat yang keempat, membaca buku dapat menambah kosa kata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan keseharian kita, seperti ketika kalian berbicara pada bapak atau ibu guru ketika disekolah dengan bahasa yang santun.


    Penutup Pidato Manfaat Membaca Buku :
    Anak-anakku yang Ibu banggakan. Mari budayakan membaca buku apapun itu. Agar menjadi anak yang berilmu dan kelak meraih cita-cita setinggi langit. Itulah beberapa manfaat membaca buku yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dihati Bapak atau Ibu guru dan seluruh siswa-siswa SDN Jatirokeh 1.

    Billahi taufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb



Mungkin Yang Kamu Cari: