Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Banjir Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala SMP …..
Yang saya hormati ibu dan bapak guru
Dan yang saya cintai teman-teman serta adik-adik semua
Puji syukur kita hanturkan kepada allah SWT yang berkat kuasanya kita mampu berkumpul disini dalam keadaan yang sempurna tanpa kurang suatu apapun, tak lupa pula kita bershalawat yang tak henti-hentinya unutk nabi kita nabi Muhammad SAW, nabi akhir zaman yang kita selalu nantikan pertolongannya di hari akhir.

Beberapa tahun terakhir ini di Indonesia, khususnya di daerah-daerah tertentu setiap tahunnya selalu mengalami bencana banjir. Banyak hal yang menyebabkan banjir menjadi bencana langganan yang datang setiap tahunnya. Contoh yang mudah kita lihat secara langsung adalah seperti, membuang sampah tidak pada tempatnya, parit yang tersumbat dengan sampah, dan kurangnya pepohonan yang mampu menyerap air yang berlebih saat hujan.
Teman-teman semua,
Siapakah yang sebenarnya berperan penting dalam hal ini ? Sadarkah kita jika banjir yang setiap tahun melanda daerah tempat tinggal kita semua yang menjadi penyebab adalah kita sendiri? Pengabaian kita terhadap lingkungan sekitar, menebang pohon tanpa menanamnya kembali, dan membuang sampah secara sembarangan.

Banjir memiliki Dampak yang besar untuk kehidupan manusia. Mulai dari kelangkaan akan air bersih, kelangkaan akan bahan makanan, gagalnya panen, terhambatnya berbagai aktivitas sehari-hari, serta menjad sumber penyakit(seperti gatal-gatal, diare, mual,dll). Sejak banjir terjadi pertama kali hingga saat ini, belum ada cara yang efektif yang mampu menghentikan bencana banjir yang datang setiap tahun.
Namun, hal yang pertama yang dapat kita lakukan adalah mulai untuk mengendalikan diri sendiri agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kita dengan mulai menanam pepohonan yang mampu menyerap air ketika hujan turun.
Hadirin yang budiman, 

Sudah saatnya kita berhenti menyalahkan pemerintah yang dinilai tidak mampu untuk mencari jalan keluar yang efektif untuk mengatasi banjir. Marilah sekarang kita memulai dari diri kita sendiri, pertama dengan menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan berhenti mengurangi jumlah tanaman yang mampu menyerap air, bersihkan selokan disekitar rumah kita.
Karna setiap hal yang membawa pada kebaikan hendaknya dimulai dari diri sendiri, sehingga orang lain akan mengikuti apa yang kita lakukan ketika itu bermanfaat.
Sekian pidato saya, maaf atas segala kekurangan.


Mungkin Yang Kamu Cari: