Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Keutamaan Lailatul Qadar


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang terhomat.
Pertama-tama marilah kita senantiasa mengucapkan puji syukur yang sebanyak-banyaknya kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan segala nikmat dan hidayahnya kepada kita sampai detik ini, sehingga kita dapat bermuwajahah dan berkumpul bersama di sini.

Shalawat serta salam tak lupa saya ucapkan kehadirat Nabi Muhammad SAW, yang mana telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang penuh ilmu ini.

Isi Pidato Lailatul Qadar

Hadirin yang terhormat.
Pidato yang akan saya sampaikan kali ini bertema tentang keutamaan Lailatul Qadar, sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam surat Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya :

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, sesungguhnya Kami telah turunkan (Al-Qur’an) pada malam (Lailatul Qadar). Tahukah engkau apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar adalah (Salah satu malam) yang lebih baik dari pada seribu bulan. (Pada malam itu) turunlah para malaikat beserta Jibril dengan izin Tuhan mereka (membawa) segala urusan. (Malam itu) sejahtera hingga terbit fajar.” (QS. Al-Qadr : 1-5)

Kesimpulan ayat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa dengan pendeknya umur umat Nabi Muhammad SAW, maka Allah memberikan keistimewaan kepada seseorang yang mau berusaha untuk meraih salah satu malam yang dirahasiakan yang apabila saat itu kebetulan beribadah, maka ia akan mendapat pahala yang dilipatkan sama dengan beribadah selama seribu bulan (Delapan Puluh Tahun).

Hadirin yang saya hormati.
Sebagian dari keutamaan Lailatul Qadar adalah akan diampuni dosa-dosanya dan dosa kedua orang tuanya dan kelak akan masuk surga yang penuh dengan kenikmatan

Penutup Pidato Lailatul Qadar

Hadirin yang terhormat.
Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan, semoga ada manfaatnya dan diiringi dengan hidayah dan ridha Allah. Mohon maaf jika ada salah-salah kata dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Mungkin Yang Kamu Cari: