Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup Terbaru


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato



Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh...
Yang kami hormati Bapak Camat Wongso Samudro yang kami banggakan...
Yag kami hormati Bapak Lurah Desa Cagar Sedoyo yang kami hormati
Bapak RT/RW yang kami mulyakan

Segenap hadirin dan hadirat yang kami hormati
Tiada kata yang pantas kita ucapkan, selain dari rasa syukur kehadirat Allah subhanahu wata'ala atas limpahan nikmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga sampai saat ini, kita semua masih dapat menikmati indahnya alam semesta ini, kita masih dapat nikmatnya menghirup udara pemberian Allah ini dengan gratis.
Amat sangat yang kita dapatkan dari alam atau lingkungan hidup ini yang kita nikmati. Sudahkah kita bersyukur?
Hadirin yang kami mulyakan...
Lingkungan hidup ini adalah rumah besar kita bersama. Rumah besar semua ummat manusia sedunia. Sehat atau tidaknya lingkungan hidup, akan menentukan sehat tidaknya penghuninya yang ada di dalamnya.

Ketika lingkungan hidup mengalami pencemaran, baik itu pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, pencemaran suara, dan yang lainnya, maka saat itu pula kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya akan terganggu. Baik itu manusia, hewan dan juga tumbuhan, semua akan terganggu hidupnya.
Sekedar contoh, ketika lingkungan sekitar tempat kita tinggal terjadi pencemaran udara, asap pabrik menebarkan aroma yang busuk menusk hidung, maka udara yang kita hirup menjadi tidak segar lagi. Bukannya kesegaran tubuh yang kita dapatkan, justru penyakitlah yang akan hinggap di tubuh kita.
Ketika air sungai tercemar oleh limbah, maka air tanah akan menjadi racun bagi semua mahkluk hidup. Tumbuhan air akan mati, ikan-ikan akan mati. Manusia pun tidak dapat lagi memanfaatkan air sungai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.Air yang tercemar juga bisa menimbulkan penyakit. Penyakit gatal-gatal misalnya.

Sejatinya, ligkungan hidup ini adalah milik kita bersama. Maka, setiap kita memiliki kewajiban yang sama, yaitu sama-sama menjaga agar lingkungan hidup tetap lestari. Jangan cemari ia. Jangan biarkan lingkungan hidup ini menjadi rusak. Sedikit saja lingkungan hidup ini rusak, maka akibatnya bisa jadi tidak hanya menimpa orang yang merusak itu saja, tapi berakibat buruk kepada banyak orang.
Sekedar contoh, ketika kita membuang sampah sembarangan. Membuang sampah di selokan, membuang sampah di sungai dan di sembarang tempat. Ketika hujan turun, maka saluran air akan tersumbat. Air hujan tidak bisa mengalir dengan lancar. Akibatnya pun bisa ditebak. Banjir!
Kalau sudah terjadi banjir, maka semua orang akan menderita karenanya. Harta benda musnah, rumah terendam, bahkan kadang nyawapun melayang karena diterjang banjir.

Untuk itulah, marilah kita jaga lingkungan hidup kita. Terapkan disiplin dalam diri kita semua. Disiplin dalam menjaga lingkungan. Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon di pekarangan yang masih kosong, jangan merusak tanaman, membersihkan saluran-saluran air di sekita rumah kita, menggunakan air secara hemat, dan perilaku ramah lingkunagn lainnya.
mari kita mulai dari diri kita masing-masing. Sekarang juga!
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!


Mungkin Yang Kamu Cari: