Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Pidato Tentang Kegiatan Di Lingkungan Masyarakat


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


          Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Hadirin yang saya hormati,

    Pertama-tama marilah kita bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Mahaesa. Atas izin dan nikmatnya kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan “Program Forum Warga” di daerah kita ini.

    Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah hadir dalam kegiatan kita kali ini. Kami selaku paniti mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati, para Camat, serta para Lurah yang menyempatkan hadir dalam kesempatan kita ini.

    Isi Pidato Kegiatan Lingkungan Masyarakat :

    Seperti Ibu dan Bapak ketahui, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat ke arah yang lebih baik menutut dibukanya kebebasan warga. Biarkan mereka berpikir dan berpendapat bebas terhadap semua masalah yang terjadi disekeliling mereka. Termasuk dalam menentukan cara menyelesaikan persoalan yang ada.

    Hadirin yang saya hormati,

    Contoh yang lebih konkrit misalnya di wilayah kelurahan atau desa kita. Di sini, semua warga masyarakat harus tahu apakah kelompok miskin, pengangguran, anak putus sekolah disekitar kita semakin bertambah, tetap atau semakin berkurang setiap tahun. Bukan itu saja, kita juga berhak tahu tentang kebersihan, keamanan dan kenyamanan hidup bertetangga. Pokoknya semua yang berkaitan dengan hidup bermasyarakat harus diketahui, disadari dan ditangani secara bersama-sama.

    Pilihan yang paling tepat untuk bisa “hidup bersama-sama” seperti itu adalah bertemu seluruh warga atau unsur-unsur warga pada satu lingkungan untuk berdialog atau berbicara secara terbuka, transparan dan demokratis. Dalam pertemuan ini warga akan tahu mengapa dan bagaimana rencana kerja pemerintah, berapa dana yang dimiliki, dari mana sumber dana tersebut guna meningkatkan kinerja kesejahteraan warganya.



    Pertemuan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman antar kelompok agama, antaretis, juga antar generasi, bahakan diharapkan mampu menjalin kerjasama demi kesejahteraan bersama. Pertemuan antar warga dan unsur-unsur warga yang diadakan selama ini tiada lain ialah untuk membicarakan permasalahan dan penyebabnya, merencanakan kegiatan pemecahan, hingga mengevaluasi hasil kegiatan. Inilah yang sering dinamakan “Forum Warga”.

    Kegiatan seperti ini sebenarnya sudah menjadi tradisi masyarakat nusantara sejak dulu. Yang biasa di kenal dengan “rempug desa” di desa-desa.

    Forum ini bukanlah suatu kelompok organisasi dengan struktur formal. Ini hanyalah istilah untuk menamakan suatu kegiatan pertemuan rutin warga guna mengatasi persoalan dan meningkatkan kerja sama antar warga bermasyarakat.

    Penutup Pidato Kegiatan Lingkungan Masyarakat :

    Demikianlah pidato yang saya dapat sampaikan. Kami mohon maaf jika ada kekurangan selama acara kegiatan pembukaan ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niat baik kita. Selain itu, semoga kegiatan Forum warga ini ke depannya dapat terlaksanakan dengan baik. Amin.

    Atas segala perhatiannya saya ucapkan terimakasih.


    Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




Mungkin Yang Kamu Cari: