Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Pidato Tentang Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
 
 
Contoh Pidato 



Assalamualaikum Wr Wb
Yang saya hormati ibu kepala….
Yang saya hormati bapak dan ibu guru beserta jajarannya
Yang saya sayangi teman-teman dan adik-adik semuanya
Teman-teman yang berbahagia,

Gaya hidup yang modern membuat kita lupa akan kesehatan yang sejatinya sangatlah penting. Salah satu dari gaya hidup yang sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat adalah merokok. Unutk sebagian kalangan merokok adalah salah satu hal yang wajib bagi mereka, karena dengan merokok dapat membuat kepercayaan diri mereka meningkat, berbanding terbalik jika tidak merokok akan dianggap sebagai orang-orang yang culun dan tidak keren. Tetapi tanpa mereka sadari, justru merokok memiliki banyak Dampak negative bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga, merokok merupakan gerbang awal dari berbagai macam pergaulan bebas seperti narkoba, seks bebas, mabuk-mabukan, judi, dll.
Hadirin semuanya,
Perlu sama-sama kita ketahui beberapa dampak negative dari merokok agar kita bisa menyadari jika merokok bukanlah hal yang patut kita contoh.

Pertama, merokok dapat menyebabkan paru-paru kita kotor bahkan jika kita merokok dalam waktu yang lama bisa sampai berlubang sehingga dapat mengakibatkan kematian.
Kedua, merokok menyebabkan kergantungan. Karena didalam rokok terdapat nikotin dimana jika kita merokok secara terus menerus tanpa kita sadari kita akan merasakan ketergantungan dan dalam satu waktu kita akan terus mencari rokok yang memiliki lebih tinggi kadar nikotin nya.
Ketiga, jika kita meroko secara terus  menerus merokok bisa memicu berbagai jenis kanker yang mengakibatkan kematian contohnya : kanker mulut, kanker paru-paru, kanker tenggorokan, dll.
Yang terakhir, merokok bisa melumpuhkan syaraf-syaraf yang menghubungkan langsung keotak kita.
Maka dari itu bisa kita bedakan daya serap sesorang perokok dan non perokok. Seorang non perokok cenderung lebih cepat dalam menerima informasi dan sebaliknya.

Jadi bisa kita simpulkan jika merokok sama sekali tidak memiliki sisi positif. Yang artinya jika kita merokok tidak akan ada manfaatnya yang ada merokok dapat menyengsarakan diri sendiri. Marilah kita sebagai manusia yang memiliki akal khususnya generasi muda, janganlah kita merusak masa depan kita dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna seperti merokok. Dengan meilah dan memilih teman merupakan salah satu bentuk antisipasi kita agar tidak terjerumus hal-hal negative.
Yuk kita sama-sama perangi momok yang dapat merusak generasi bangsa kita ini, jauhkan rokok dari anak-anak karena rokok awal kehancuran.
Terima kasih, sekian pidato saya ini.
Saya akhiri wassalamualaikum Wr Wb



Mungkin Yang Kamu Cari: