Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato



    Assalamualaikum Wr.Wb

    Yang terhormat Ibu Kepala SMP Negeri ……

    Yang saya hormati guru-guru da staff tata usaha

    Dan yang saya cintai teman-teman serta adik-adik semua

    Terucap syukur yang tak lepas kita panjatkan kepada Allah SWT, yang selalu melimpahkan kita harapkan limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama diruangan ini dalam keadaan yang tidak kurang suatu apapun.

    Hadirin semua yang ada disini,


    Sudah kita ketahui, bahwa tempat semua makhluk hidup bernaung adalah lingkungan. Kebersihan lingkungan sangat berdampak besar pada kenyamanan para penghuni disekitar lingkungan tersebut. Untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa dimulai dari diri kita sendiri.

    Sebagai contoh, apabila kita berada dilingkungan sekolah kita membeli jajanan yang berbungkus plastik dikantin, setelah habis hendaknya kita membuang sampah plastik pada tempatnya, tidak membuang kesembarang tempat yang bisa mengotori lingkungan tempat kita berada.

    Selain itu juga, peran masyarakat sekolah seperti, guru, penjaga sekolah, penjual makanan dikantin, dan murid-murid sangatlah dibutuhkan. Dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya yang telah dimulai yang kemudian lambat laun teman-teman disekitar kita melihat, maka merekapun pasti akan mencontoh apa yang kita lakukan, Sehingga kebersihan dilingkungan kita khususnya dilingkungan sekolah akan terjaga.


    Kemudian, hal yang selanjutnya perlu kita pikirkan adalah mengenai jumlah tong-tong sampah, alat kebersihan, dan berjalannya piket yang bergilir yang telah ada disekolah.

    Untuk tong-tong sampah seharusnya ada penambahan jumlah tong sampah, selain itu penempatan tong-tong juga sebaiknya ada didalam ruang kelas,ruang guru, ruang aula, ruang perpustakaan, dan ruang-ruang yang lain dan juga ada diluar masing-masing ruangan, agar memudahkan para siswa, guru, dan penduduk sekolah yang lain untuk membuang sampah.


    Untuk alat kebersihan, masing-masing kelas diwajibkan untuk mempunyai minimal satu dari berbagai macam alat kebersihan sehingga saat piket kelas yang dilakukan siswa secara bergilir dapat berjalan lancar.Jika masing-masing siswa sudah memiliki kesadaran yang tinggi untuk membuang sampah pada tempatnya, akan lebih mudah menjaga dan mempertahankan kebersihan sekolah yang ditempati.

    Untuk memudahkan teman-teman dan penduduk sekolah yang lainnya, mari kita pelajari jenis-jenis sampah, agar kita tidak sembarangan membuang sampah ke tong-tong sampah yang salah.

    Jenis-jenis sampah :

    1.Sampah basah adalah sampah yang mudah membusuk dan hancur

    Contohya : sisa makanan, sampah kebun dan dapur, dll.

    2.Samapah kering adalah sampah yang sulit untuk diuraikan/dihancurkan dengan alami

    Contoh : kertas, plastik, kaleng, beling, karet, dll.

    3.Sampah B3 (bahan berbahaya atau beracun) adalah sampah yang beracun yang bisa menmbahayakan kesehatan dan kehidupan organisme


    Contoh : sampah rumah sakit, pestisida, sampah laboratorium, dll.

    Hadirin yang saya sayangi,

    Allah SWT sangat menyukai kebersihan, sehingga ada kalimat yang berbunyi “kebersihan sebagian dari iman”. Betapa kecilnya yang kita lakukan sekarang, yang akan sangat berdampak besar bagi kehidupan pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, saya mengajak teman-teman semua untuk terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita

    Hadirin,

    Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan dapat bermanfat



Mungkin Yang Kamu Cari: