Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Pidato Singkat Untuk Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato



   
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Salam sejahtera salam damai kepada para hadirin semuanya,
    Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat anugerah-Nya yang tak pernah putus kepada kita sehingga pada kesempatan pagi ini kita dapat berupacara untuk memperingati hari lahir pancasila 1 Juni.


    Isi Pidato Hari Lahir Pancasila:

 
    Hadiri yang berbahagia,
    Saat ini pancasila masih sering kita abaikan, jika melihat dari segi kepatuhan kita dalam menjalankan perintah dasar pancasila. Mengapa? Karena masih banyak para penghuni negeri ini yang sering mengabaikan pancasila sebagai dasar negera Indonesia.



    Contoh saja sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, buktinya semakin marak agama-agama lain maupun sekte-sekte ajaran-ajaran lain di negeri kita ini, lalu apakah masih banyak yang tidak kita ketahui di muka publik, maka jawabannya adalah banyak sekali. Untuk itu pada hari kelahiran pancasila ini saya mengajak dan menyerukan untuk kembali pada jalur dasar negara kita dengan menjalankan aturan-aturun yang ada di negeri kita ini melalui sila-sila yang ada pada pancasila.


    Penutup Pidato Hari Lahir Pancasila:

    Hadirin yang saya hormati,
    Cukup sekian pidato singkat dari saya, semoga di hari lahir pancasila ini kita mampu menjadi warga negara yang taat hukum dan selalu berpegang teguh pada dasar negara Indonesia yaitu pancasila. Mohon maaf jika ada salah kata.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.





Mungkin Yang Kamu Cari: