Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan Lingkungan

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala SMP …..
Yang saya hormati ibu dan bapak guru
Dan tentunya yang saya cintai teman-teman semua
Segala puji bagi sang pencipta seluruh jagat raya, Allah SWT yang telah memberikan kita nafas kehidupan sehingga kita bisa menjalani berbagai aktivitas hingga saat ini. Shalawat beserta salam selalu kita sanjungkan kepada nabi besar kita, nabi akhir zaman, nabi yang membawa perubahan besar untuk seluruh umat manusia, nabi Muhammad SAW yang selalu dan selalu kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.
Pada kesempatan yang amat baik ini, izinkan saya menyampaikan pidato mengenai “kebersihan lingkungan”.

Bapak/ibu guru yang saya cintai dan teman-teman yang saya banggakan.
“Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Slogan ini menurut saya sudah cukup menjelaskan kepada kita semua betapa pentingnya kebersihan, terutama kebersihan dilingkungan yang menjadi tempat tinggal kita saat ini. Namun sayang, dewasa ini lingkungan kita banyak tercemar. Dengan masyarakat yang mempunyai kebiasaan membuang sampah sembarangan, serta limbah-limbah pabrik yang dibuang disungai.
Hal ini berdampak besar bagi kesehatan lingkungan kita, tidak hanya manusia yang merasakan akibatnya. Namun, seluruh makhluk hidup yang tinggal didaerah tercemar. Hal lain yang jelas menjadi contoh nyata akan pengabaian kita terhadap kesehatan lingkungan adalah banjir.
Banjir yang kini rutin datang setiap tahunnya adalah contoh besar jika kita sangat mengabaikan kebersihan dan kesehatan lingkungan, penebangan pohon-pohon secara liar juga menambah daftar panjang masalah tentang lingkungan.

Mari kita kembali merenungkan, apakah kita termasuk kepada orang-orang yang mencemari lingkungan ataukah bekerja secara maksimal untuk menjaga kebersihan lingkungan ?
Jika selama ini kita selalu menyalahkan pemerintah yang dinilai lamban atau malah gagal mencari jalan keluar atas pencemaran lingkungan yang terjadi, tidakkah kita sudah melakukan sesuatu hal untuk berusaha mengurangi perncemaran lingkungan?
Kawan-kawanku dan bapak, ibu guru semua..
Sudah saatnya, kita sebagai bagian dari masyarakat tempat kita tinggal untuk turut campur mengurangi pencemaran. Dimulai dari diri kita sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya, menanam setidaknya satu pohon setiap satu bulannya, dan menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi polusi.

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini diharapkan kita mampu menjadi contoh kepada teman-teman lainnya sehingga teman-teman tergerak hatinya untuk ikut serta memperbaiki lingkungan kita ini. Pesan terakhir yang ingin saya sampaikan adalah bahwa lingkungan adalah tempat pertama dan terakhir kita tinggal, jika lingkungan kita tercemar maka tak ada tempat yang lebih nyaman lagi untuk kita bernaung.
Sekian pidato saya, mohon maaf apabila kurang berkenan.
Wassalamualaikum Wr.Wb


Mungkin Yang Kamu Cari: