Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Guru Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang saya hormati bapak/ibu kepala …
Yang saya hormati bapak dan ibu guru serta jajaran staff tata usaha
Dan yang selalu saya banggakan teman-teman semua
Alhamdulillah.. Alhamdulillah..alhamdulillah.. terucap syukur yang tak terhingga untuk kita semua, karena berkat kuasa-Nya lah kita mampu menghadiri upacara untuk memperingati “hari guru” pada pagi yang cerah ini. Tak lupa selalu dan selalu kita lafazkan shalawat-shalawat untuk junjungan kita semua, tauladan bagi umat islam diseluruh dunia nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya untuk kita semua di yaumil akhir.

Para hadirin yang budiman,
Pada hari ini kita memperingati “hari guru” nasional. Dimana saat ini diseluruh pelosok negeri, kembali bersama mengingat seluruh pengorbanan yang dilakukan oleh guru-guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.
Menurut saya, guru ibarat sebuah lentera diruangan yang gelap, yang mampu menerangi segala sisi ruangan. Betapa tidak, karena guru memberikan pengetahuan yang ia miliki untuk anak didiknya, untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa tanpa pamrih, tanpa imbalan.
Teman-teman semua,

Kita patut berbangga dan bersyukur, karna kita disini memiliki guru yang sangat sabar dalam membimbing kita. Seperti yang kita tahu, tak mudah mengemban tugas mulia seperti yang dilakukan oleh guru kita ini, harus mengajarkan, membimbing kita berkali-kali tanpa bosannya sampai kita memahami pelajaran yang diberikan. Bayangkan hal tersebut dilakukan oleh guru kita terhadap begitu banyaknya peserta didik dan dalam kurun waktu yang lama, yakni bertahun-tahun hingga ia pension.

Tak mudah mendedikasikan diri untuk terus menjadikan anak-anak Indonesia bisa bersaing dikancah dunia, dengan kemampuan yang setara atau bahkan melebihi yang lain didunia. Terima kasih.. terima kasih yang sedalam-dalamnya saya mewakili teman-teman yang ada disini atas jasa yang telah ditorehkan bapak dan ibu guru dalam membimbing kami, dan maaf atas segala kekurangan muridmu ini, maaf pula jika kadang kala kami suka menguji kesabaran bapak dan ibu guru, sesungguhnya kami tidak bermaksud sama sekali.
Harapan kami, semoga bapak dan ibu guru selalu diberikan kemudahan dalam mentransfer ilmu kepada anak didik semua dan semoga ilmu yang engkau ajarkan kepada kami menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amalan yang tidak pernah terputus. Kami sebagai anak didikmu akan selalu mengingat apa yang telah engkau berikan kepada kami. Kami sangat menyayangimu “Lentera” kami..

Sekali lagi, “Selamat hari guru nasional”.. Semoga guru-guru diseluruh negeri mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi
Sekian pidato saya, mohon maaf atas segala kekurangan.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Demikian Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Guru. Semoga bermasnfaat.


Mungkin Yang Kamu Cari: