Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Pidato Singkat Peringatan Hari Laut Sedunia Tentang Lautan Indonesia


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato



   
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan sehingga kita dapat berkumpul dan bermuwajahah pada acara peringatan hari laut sedunia hari ini.
    Isi Pidato Hari Laut Sedunia:

    Hadirin yang terhormat dan yang saya cintai.
    Pada kesempatan pidato ini saya ingin menyampaikan tentang potensi lautan di Indonesia kita ini, seperti kita ketahui bahwa 2/3 wilayah negara kita ini adalah lautan dan sisanya adalah daratan, maka lautan adalah yang mendominasi wilayah di negeri kita ini, sudah seharusnya wilayah lautan di Indonesia harus di depankan dengan berbagai cara yang memajukan negara kita.

    Hadirin yang saya hormati,
    Tahukah anda bahwa garis pantai di negara kita ini adalah gari pantai terpanjang nomor 2 setelah Kanada, dimana lautan indonesia memiliki garis pantai mencapai 95.181 km. Tentu bukan hal yang biasa bagi kita dan layak untuk dimanfaatkan sebagai suatu kemajuan negeri kita dengan membentuk pembangunan kinerja kelautan di wilayah garis pantai.


    Contoh Pidato Peringatan Hari Laut Sedunia Tentang Lautan Indonesia

    Selain itu juga produksi bidang perikanan Indonesia adalah nomor 3 di dunia dibawah China dan India, betapa kayanya negeri kita ini jika kita dapat mengolah dan memaksimalkan kekayaan laut kita. Namun yang sangat disayangkan adalah para nelayan-nelayan di Indonesia masih menggunakan alat pelayaran tradisional, jika saja pemerintah lebih memperhatikan masalah ini tentu produksi hasil kelautan makin meningkat tajam.

    Untuk itu pada hari laut sedunia ini saya mengajak para relawan dan peserta bakti lingkungan laut untuk siap dalam melestarikan wilayah laut di Indonesia, jangan sampai tercemar dan kotor oleh limbah-limbah dan para nelayan ilegal. Mari bersama kita bersama-sama menuju Indonesia yang kaya akan potensi lautnya.
    Penutup Pidato Hari Laut Sedunia:
    Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan pada peringatan hari laut sedunia ini, mohon maaf jika ada salah kata dan sekali lagi saya ucapkan selamat hari laut sedunia.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.





Mungkin Yang Kamu Cari: