Rabu, 20 Juni 2018

Contoh Pidato Sambutan Wali Kelas Acara Pembagian Raport





Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Contoh Pidato 

Contoh Pidato Sambutan Wali Kelas Acara Pembagian Raport - Horee.... Sebentar lagi pembagian raport. Sebuah moment yang ditunggu-tunggu oleh siswa dan wali murid setelah sekian lama mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Moment bagi raport juga bisa mejadi tolok ukur bagi sekolah, terutama wali kelas untuk mengukur sejauh mana daya serap anak didik atau siswa terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru.
Nah, kali ini kami tidak akan bercerita panjang lebar tentang bagi raport. Sesuai dengan juduk di atas, maka kali ini kami akan memberkan sebuah contoh pidato atau sambutan dari wali kelas pada saat acara penerimaan atau pembagian raport. Berikut ini  contoh pidato selengkapnya. Selamat menyimak.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah...
Bapak/Ibu dewan guru rekan sejawat yang saya banggakan
Bapak/Ibu wali murid yang berbahagia
Serta anak-anakku yang saya cintai..
Tak terasa, sudah satu semester proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolah ini berlangsung. Hari ini, adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh kita semua, terutama oleh anak-anakku semua, juga untuk para orang tua/wali murid.

Mengapa? Khusus untuk anak-anakku sekalian, dengan hasil pencapaian nilai yang tercantum di raport kalian, maka hal ini akan bisa dijadikan tolok ukur seberapa berhasil kalian dalam menyerap pelajaran yang telah diberikan oleh Bapak/Ibu guru semua di sekolah. Jika nilai kalian bagus, itu artinya kalian berhasil dalam menempuh pendidikan di sekolah ini. Akan tetapi, jika nilai kalian jelek, maka hal ini akan menadi bahan evaluasi kalian, dan juga kami semua. Bisa jadi, kalia yang kurang serius dalam belajar, banyak bermain, malas belajar di rumah, dan berbagai faktor lainnya. Bagi kami, maka hal ini menjadi bahan evaluasi bagi kami deaan guru agar bisa berbuat yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang.

Bagi para orang tua sekalian, nilai di raport juga bisa menjadikan patokan bagi Bapak/Ibu sekalian terkait keberhasilan anak-anak kita. Jika nilainya baik, maka terus dorong dan beri semangat anak-anak kita agar ia bisa mempertahankan nilai dan lebih-lebih lagi agar bisa lebih baik lagi. Akan tetapi, jika ternyata nilainya tidak memuaskan, maka kami mohon support dar bapak/Ibu sekalian agar lebih intensif lagi memberikan bimbingan dalam proses belajar di rumah. Mohon sempatkanlah waktu khusus untuk memperhatikan belajar anak di rumah.

Atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian saat ini di sekolah, ini juga merupakan wujud kepedulian Bapak/Ibu sekalian terhadap proses pendidikan anak-anak kita. marilah kita bersama-sama mendidik anak-anak kita, agar menjadi anak-anak yang berguna, sholeh sholehah, berbakti kepada orang tua, dan bermanfaat bagi nusa bangsa.
Demikian sambutan kami ini, kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. kami akhiri, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Mungkin Yang Kamu Cari: