Rabu, 20 Juni 2018

Contoh Pidato Sambutan Penerimaan Pengantin Pria Untuk Dinikahkan

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato 

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Yth. Bapak dan Ibu Orang Tua …………………..( Calon Mempelai Wanita )
Yth. Para Tokoh Masyarakat, Alim Ulama
dan Pini Sepuh…
Hadirin dan hadirat yang berbahagia ….!
 Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Alloh SWT. Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Dan hanya karena rahmat hidayah-Nyalah pada hari ini kita dapat berkumpul bersatu padu, bercengkrama bertatap muka dalam suatu acara yang Insya Alloh akan kita saksikan bersama yakni Acara Walimatunnikah antara Saudara
…………………… dengan ……………………………..
Sholawat serta salam semoga selamanya terlimpuhcurahkan kepada Nabi terakhir yang terpilih, Rosul penutup yang termasyhur yakni Habibana Wanabiyyana Wamaulana Muhammad SAW. beserta para shohabatnya, kerabatnya, serta kepada seluruh umat yang selamanya taat kepada ajarannya sampai akhir zaman…
Bapak, Ibu, serta hadirin yang berbahagia…
Pada kesempatan ini saya atas nama keluarga Bapak ……………….. yang merupakan orang tua dari saudara ………………………………. terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu, serta hadirin dan keluarga besar dari Bapak ………………………. apabila kedatangan kami beserta rombongan dari …………………………., dapat menggangu dan kurang berkenan di hati Bapak, Ibu serta hadirin
selaku pribumi di sini. Apabila ada prilaku kami yang kurang sesuai dengan adat istiadat di sini mohon dimaafkan.
Bapak, Ibu, serta hadirin yang saya hormati…
Selanjutnya saya selaku juru bicara dari rombongan Calon Memnpelai Pria akan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami ke sini sebagai berikut :
1. Ijinkanlah pada kesempatan ini saya menyampaikan salam silaturahim dari keluarga Bapak
…………………..selaku orang tua dari …………………… kepada keluarga besar Bapak ……………………….. selaku orang tua dari………………………….., dan semoga pertemuan ini menjadi sebuah wasilah untuk menjalin silaturahmi yang lebih erat antara kedua belah pihak keluarga dan handaitolan semuanya.
2. Kami ini semuanya dipinta untuk mengantarkan seseorang yang tidak mau berangkat sendirian yaitu saudara …………………………, Dia ini yang asalnya merupakan seorang pemuda yang tangguh, pemberani dan penuh  percaya diri, tapi kini dia mendadak menjadi orang yang penakut dan pemalu dan rendah diri.
Hal ini tentu saja menjadi sangat membingungkan Bapak dan Ibunya. Tapi ketika ditanya hal yang menjadi penyebabnya, oh …ternyata Ananda ………………………… sedang dilanda penyakit asmara, karena ia telah tergoda oleh seorang gadis cantik jelita asal…………………......... yang bernama …………………………. dan konon kabarnya tempat timggalnya di sini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, mungpung disaksikan olehpara Pini Sepuh dan handaitolan semua, saya atas nama Bapak ………………………… akan menyerahkan sepenuhnya ananda saudara ……………………. Sebagai Calon Mempelai Pria untuk segera dinikahkan dengan saudari ………………… yang merupakan putri Bapak ………………….. selaku Calon Mempelai Wanita. Di samping itu saya atas nama Bapak ……………………… selaku orang tua dari saudara ……..………………… menyampaikan permohonan maaf yang sebesar- besarnya kepada keluarga besar Bapak …………………………………….. karena kedatangan kami beserta rombongan ini tidak disertai bingkisan atau hadiah seperti yang diharapkan. Tapi kaalu pun ada hanya semata-mata tanda kasih saying dari orang tua terhadap anaknya yang akan membina rumah tangga. Walaupun itu pasti masih jauh dari cukup. Sekali lagi saya atas nama Bapak ………………………………. menyerahkan sepenuhnya ananda saudara ………………………. dari ujung rambut sampai ke ujung kaki, dari segala kekurangan dan kelebihannya kepada Bapak selaku orang tua dari ……………………………… untuk segera dinikahkan……………………….
Bapak, Ibu serta hadirin yang berbahagia…..
Demikianlah kiranya ungkapan penyerahan dari saya atas nama Bapak………………………, dan akhirnya saya selaku pribadi dan rombongan menyampaikan ucapan terimakasih atas segala kebaikan dalam penerimaan kami  beserta rombongan, dan mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dari kami. Terima kasih, Billahittaufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Mungkin Yang Kamu Cari: