Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Pidato Perpisahan Terbaru


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato


Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah...
Yang Terhormat Bapak Wakil Kepala Sekolah ...
Yang Kami hormati Ibu wali kelas IX ...
Yang Kami hormati Bapak Ibu guru ...
Bapak/Ibu orang tua/wali siswa ...
Dan semua teman-temanku yang kusayangi...
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Segala puji syukur kita haturkan kehadirat Allah subhanahu wata'ala atas segala limpahan rahmat dan karunianya, sehingga pada pagi hari ini, kita bisa bersama-sama berkumpul di gedung pertemuan sekolah ini dalam rangka acara perpisahan kelas IX ....
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad saw, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
Hadirin sekalian yang kami hormati.
Sudah menjadi sunnatullah, ada siang pasti ada malam. Ada tinggi pasti ada rendah. Ada kaya pun pasti ada miskin. Termasuk juga, bahwa dalam setiap pertemuan itu pasti akan ada perpisahan. Seperti yang akan segera kita alami ini. Perpisahan...

Sebelum kami melanjutkan pidato ini, kami mohon ijin dan maaf kepada hadirin semua, jika nanti dalam pidato kami ada kesalahan dan kekurangan di sana-sini. Sekali lagi kami mohon maaf.
Hadirin sekalian...
Tiga tahu sudah, kami bersama-sama teman kelas 3 menimba ilmu di sekolah ini. Kami yang dulunya tidak mengetahui apa-apa, tidak mengetahui jati diri kami, tidak mengetahui arah tujuan hidup kami, berkat bantuan Bapak/Ibu guru tercinta di sekolah... Kini kami jadi mengerti. Kami menjadi sedikit tahu, tentang siapa kami, tentang mengapa kami harus belajar, tentang untuk apa kami harus belajar. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu guru dan juga semua pihak di sekolah ini, sehingga sekolah ini menjadi sebuah sekolah yang kondusif untuk belajar.
Kepada Bapak/Ibu guru kami..

Maafkan kami, atas segala tingkah laku kami selama ini. Atas kelakuan nakal kami, atas kebandelan kami, juga atas kemalasan kami. Kami berjanji, akan menjadi lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.
Akan kami ingat semua petuah, wejangan, nasehat, petunjuk Bapak/Ibu guru semua. Mohon bantu kami dengan doa, agar kami bisa menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat bagi orang tua, agama, bangsa dan negara tercinta ini.
Kepada Orang tua kami...
Maafkan anakmu ini. Selama ini kami telah banyak mengecewakan kalian. Kami belum bisa menjadi anak yang berbakti. Kami belum bisa menjadi anak seperti yang engkau harapkan. Untuk itu, mohon jangan bosa-bosan untuk terus membimbing kami, agar kami menjadi anak yang sholeh dan sholehah, agar nantinya bisa berbakti kepada orang tua kami.

Kepada teman-temanku semua...
Selama kita bergaul di sekolah ini, tentu banyak sekali tutur kata, perbuatan, tingkah laku kita yang tidak baik. Untuk itu, mari kita bersama saling memaafkan satu sama lain. Jangan ada dendam diantara kita. Kita semua harus bersahabat. Kita harus menjadi alumni kebanggaan sekolah ini. Jangan coreng sekolah kita tercinta ini dengan perbuatan kita yang tidak baik
Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan, kurang dan lebihnya kami minta maaf dan kepada Allah kami memohon ampun.
Akhirnya, kami akhiri... Wassalamua;alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Mungkin Yang Kamu Cari: