Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Pidato Peringatan Hari Ulang Tahun Sekolah Terbaru


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato



Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala SMA Negeri 32 Bandarlampung,
yang saya hormati Bapak dan Ibu Wakil Kepala SMA Negeri 32 Bandarlampung,
Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman, adik-adik dan kakak-kakak yang saya cintai dan banggakan.
Alhamdulillahirrabbilalaamiin hari ini kita dapat berkumpul di halaman sekolah dengan keadaan sehat walafiat dan dalam suasana pagi yang cerah. Pada hari ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Sekolah kita, saya akan menyampaikan beberapa hal.
15 tahun yang lalu sekolah ini berdiri atas dasar semangat tinggi guru-guru perintis. Tak lupa mari kita bersama-sama mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan Ibu guru kita yang karena jasa beliau lah kita dapat merasakan sekolah yang nyaman disini. Semangat itu juga semoga masih berada dalam hati kita masing-masing.

Sehubungan dengan Program Kerja Organisasi Siswa Intra Sekolah dan akan dilaksanakannya Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Sekolah, maka selama 3 hari kedepan yaitu hari Selasa-Kamis tanggal 9-11 Desember 2014 akan ada berbagai perlombaan yang dapat teman-teman, adik-adik dan kakak-kakak ikuti, diantaranya lomba cipta dan baca puisi, lomba poster kreatif, tarik-tambang, sepak bola antar kelas dan cipta video inspiratif serta kebersihan dan kerapihan kelas.
Masing-masing ketentuan lomba dapat dilihat pada papan pengumuman atau website sekolah. Saya sangat mengharapkan partisipasi aktif dari teman-teman. Pada akhir rangkaian kegiatan akan diumumkan supporter terbaik yang dinilai dari setiap kelas, oleh karena itu setiap kelas diwajibkan mengirimkan perwakilannya untuk setiap perlombaan dan saling mendukung secara kompak teman-teman yang mengikuti perlombaan.
Mengenai acara pembukaan Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Sekolah nanti akan dipimpin langsung oleh Bapak Kepala SMAN 32 Bandarlampung.
Terimakasih atas perhatian teman-teman. Besar harapan semua dapat berpartisipasi meramaikan kegiatan tersebut.
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Mungkin Yang Kamu Cari: