Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Pidato Kesehatan Bahasa Indonesia Tentang DBD Demam Berdarah Dengue


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Kepada yang terhormat Bpk/Ibu dan rekan-rekan yang saya cintai.
    Perkenankan saya untuk membawakan pidato yang akan saya sampaikan ini yang bertema “DBD (Demam Berdarah Dengue)”.

    Tak lupa sebelumnya, marilah kita ucapkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa kesehatan kepada kita sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama pada acara pagi ini.
    Isi Pidato:

    Hadirin yang saya hormati,
    Apa itu DBD? Apa saja gejalanya? Bagaimana proses penularannya? Dimana tempat potensial berkembangbiaknya? Dan bagaimana cara untuk mencegahnya?, semua pertanyaan tersebut akan saya jawab dengan singkat dan jelas.

    Apa itu DBD? DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dari nyamuk Aedes Aegypti.

    Apa saja gejalanya? Biasanya gejala awal ditandai dengan demam tinggi yang berlangsung 2 - 7 hari yang tak kunjung sembuh. Selain itu juga disertai dengan menurunnya jumlah trombosit dan peningkatan hematokrit.

    Bagaimana proses penularannnya?
    Biasanya proses penularan dari penyakit ini bertempat di tempat-tempat umum yang ramai akan berkumpulnya orang-orang seperti perumahan padat penduduk, lingkungan pasar, sekolah, puskesmas/rumah sakit, terminal dan masih banyak lagi.

    Lalu dimanakah tempat potensial berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti ini? Kebanyakan dari tempat berkembangbiaknya berada pada tempat-tempat penampungan air yang biasa digunakan sehari-hari seperti kamar mandi/WC, bak mandi, ember dan lain-lain. Selain itu juga pada benda-benda bekas seperti botol air mineral, tempat minum burung, pot bunga dan lain-lain.

    Dan yang terakhir, bagaimana cara untuk menanggulanginya? Cara paling mudah untuk mencegahnya yaitu dengan menguras dan membersihkan tempat-tempat tersebut dengan teratur dan terjadwal, usahakan agar tempat disekitar lingkungan kita tidak ada satupun sampah atau bekas minuman plastik yang berserakan.
    Penutup Pidato:


    Hadirin yang saya hormati,
    Itulah tadi pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya penerangan dan pencerahan dari saya mulai dari sekarang kita mampu menjaga bersama-sama lingkungan dan kesehatan diri dan keluarga kita dari ancaman bahaya penyakit DBD. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya dan jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Mungkin Yang Kamu Cari: