Rabu, 20 Juni 2018

Contoh Pidato Kepala Sekolah yang Baru Bertugas

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Contoh Pidato 

Selamat datang kembali rekan, Bapak, Ibu guru dan siswa dan juga semua yang telah sudi mampir di blog yang sederhana ini. Dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh pidato dari seorang kepala sekolah yang mendapatkan tempat tugas baru di sekolah yang baru. Semoga contoh pidato ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Kepada yang terhormat Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten .....
Yang terhormat Bapak Camat.....
Yang kami hormati Bapak Lurah Desa ....
Bapak/Ibu warga desa undangan
Bapak Ibu guru SMA N ....
Anak-anakku sekalian yang saya banggakan
Segala puji dan syukur kehadirat ALlah subhanahu wata'ala, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada pagi hari ini kita masih diberikan nikmat iman, Islam dan kesehatan tentunya, sehingga kita berada di dalam ruangan yang sederhana ini.
Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kehadirat junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan orang-orang yang senantiasa istiqomah di jalan Islam yang terang benderang ini.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah saya berada di hadapan Bapak dan Ibu sekalian untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sambutan dalam acara pelantikan kepala sekolah ini.
Tugas adalah amanah. Begitu ilmu yang kami dapatkan dari ustadz. Pun dengan jabatan sebagai kepala sekolah baru ini di SMAN .... yang saya emban. Lalu, yang namanya amanah, pasti akan dimintai pertanggung jawaban.
Pertanggung jawaban di dunia dan juga pertanggung jawaban di akhirat. Jika pertanggung jawaban di dunia, mungkin bisa saja saya berbohong dta menyembunyikan sesuatu dari hadapan manusia atau pimpinan, maka apakah saya bisa bersembunyi di hadapan Allah kelak ketika saya dimintai pertanggung jawaban.

Untuk itu, mengingat besarnya tanggung jawab yang harus saya emban, maka mohon doa, dukungan dan kritik dari Bapak dan Ibu semua. Tanpa itu, apalah artinya diri saya ini yang penuh dengan kekurangan.
Ingatkan saya ketika saya lalai dan mohon dukung saya ketika beban yang ada dipundak begitu berat. Insya Allah, dengan begitu, semua urusan kita bisa berjalan dengan baik sesuai dengan rencana.
Tidak ada gading yang tidak retak, begitu kata peribahasa. Jika dalam sambutan ini banyak kekurangan, saya minta maaf kepada hadirin sekalian dan kepada Allah saya mohon ampun.
Akhirnya, saya akhiri pidato ini dengan ucapan,


Mungkin Yang Kamu Cari: