Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Peringatan Hari Lingkungan Hidup


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.

Contoh Pidato


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saudara saudaraku sekalian

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memeberikan kita tempat hidup yang dapat menampung manusia di dalamnya tetap hidup serta atas segala nikmat dan anugerahnya kita dapat berkumpul bersama pada peringatan hari lingkungan hidup ini.

Terima kasih atas kehadiran saudara saudari sekalian dalam acara peringatan hari lingkungan hidup tahun ini dimana hal ini sudah pasti menunjukan kepedulian kalian terhadap lingkungan hidup di sekitar kita.
Teman teman ku yang saya hormati,

Bumi yang kita tempati ini tentu adalah satu satunya planet yang dapat ditempati oleh mahluk hidup, kita sebagai mahluk hidup di dalamnya harus bisa menjaga agar tempat yang kita huni tetap lestari dan tidak merusak apa yang seharusnya kita jaga supaya kita dapat bersama sama menikmati dan akan memberikan kelangsungan hidup terhadap anak cucu kita kelak.

Namun sayangnya hingga saat ini manusialah penyebab kerusakan kerusakan lingkungan yang terjadi sehingga mengakibatkan bencan, polusi dan hal hal yang berkaitan dengan pencemaran. Hal ini tentu sangat merugikan dan memperhatinkan, kita sebagai manusia yang peduli akan lingkungan kita harus mengajarkan kepada teman teman di lingkungan kita dan sekaligus menyadarkan mereka bahwa lingkungan yang kita tempati haruslah terjaga dengan baik jangan sampai lingkungan yang selama ini menopang dan memberi tempat nyaman kita untuk hidup justru dirusak oleh kita sendiri.


Hadirin yang saya hormati,

Masalah plastik dan bahan bahan industri masih menjadi permasalahan pokok yang mengakibatkan sumber pencemaran lingkungan kita, jika kita mau dan sangat ingin memulainya dengan beralih dan mempertimbangkan gaya hidup dan pola hidup dalam menkonsumsi produk yang berkaitan dengan plastik dan bahan bahan yang dapat merusak lingkungan tentu masalah ini akan segera teratasi.

Untuk itu pada hari lingkungan hidup ini marilah kita mulai dari diri sendiri untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan kita dengan memilih dan berfikir cerdas untuk kelestarian lingkungan hidup kita.
Hadirin sekalian,

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan pada acara peringatan hari lingkungan hidup ini, semoga mulai hari ini juga kita sebagai masyarakat peduli lingkungan akan selalu mengajak, memperingati dan mengajarkan terhadap masyarakat luas di Indonesia untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup kita.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.





Mungkin Yang Kamu Cari: