Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Naskah Pidato Upacara Bendera

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr.Wb
Marilah kita bersama-sama mengucapkan syukur yang tiada hentinya atas apa yang telah Allah SWT dengan murah hati berikan keapad kita. Nafas kehidupan yang masih kita rasakan sampai saat ini sudah cukup membuktikan betapa sayang-Nya kepada kita serta tak lupa kita selalu mengingat jasa-jasa nabi Muhammad SAW suri tauladan kita yang kita doakan keluarga, serta sahabat-sahabat beliau diberikan tempat yang istimewa untuk mereka semua dan kepada nabi Muhammad SAW kita selalu memohon pertolongannya di hari akhir nanti.
Bapak-bapak dan ibu ibu guru yang saya hormati serta Anak-anakku yang ibu sayangi dan cintai..
Kalian adalah generasi penerus bangsa yang saat ini masih dalam masa pendidikan. Perlihatkan lah semangat dalam kalian menuntut ilmu diawal hari yang cerah ini. Dan semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT agar dalam menjalani setiap kehidupan dengan suka cita.

Anak-anak..
Tahukah kalian jika suatu hari nanti tampuk kepemimpinan akan jatuh ditangan kalian ?. dan apakah saat ini kalian sudah cukup perbekalan untuk mengembn tugas itu ??.
Nak, saat ini ibu melihat kalian yang mulai menurun semangat dalam belajar disekolah. Apakah yang menyebabkan hal itu bisa terjadi ?. kalian merupakan sosok pemimpin dimasa depan yang harus mengajarkan kepada anak cucu kalian kelak, membagikan ilmu yang kalian miliki. Tetapi, jika kalian sendiri saat ini tidak memiliki cukup ilmu, bagaimana kalian mampu unutk membaginya kepada anak cucu kelak ?.
Banyak yang mengatakan jika masa muda adalah masana unutk besenang-senang. Ibu tidak sependapat dengan hal itu. Karena ibu sudah jauh lebih dulu merasakan pahit dan manisnya kehidupan. Banyak sekali contoh nyata akibat pergaulan dimasa muda yang menjauhkan mereka dari kata sukses, bahkan ada yang cenderung menjadi sampah untuk masyarakat. Apakah kalian ingin bernasib sama ?

Menjadi seseorang yang sukses tidaklah mudah, tidak juga seinstan membalikkan telapak tangan. Namun, itu bukanlah hal yang mustahil jika kalian melakukan dengan kegigihan dan kesungguhan serta keuletan. Apapun jika kita yakin kita bisa maka semua akan terjadi.
Hidup ini memiliki satu tujuan, yaitu meninggal dengan keadaan yang baik dan masuk ke dalam surga nya Allah SWT. Dan hal itu bisa dilakukan dengan membagikan ilmu yang bermanfaat. Itu mangapa ilmu sangatlah penting unutk dipelajari dimana saja dan kapan saja. Umur kalian ada
dalam masa keemasan. Jangan kalian sia-siakan. 

Ibu cukupkan sampai disini dulu uraian ini. Semoga ada manfaatnya. Mohon maaf
jika ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan.
Ibu ucapkan terima kasih.
Wassalamualikum Wr.Wb


Mungkin Yang Kamu Cari: