Sabtu, 23 Juni 2018

Contoh Naskah Pidato Tentang Globalisasi Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.

Contoh Pidato

Assalamualaikum Wr Wb
Yang terhormat Ibu ….. selaku …… SMP……
Serta teman-teman kelas yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkah dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di kelas ini dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun. Shalawat serta salam tak pernah lupa kita sanjung agungkan kepada junjungan besar, utusan allah, nabi akhir zaman nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaat dan pertolongannya di hari akhir.

Teman-teman semua, pada kesempatan ini, ijinkanlah saya menyampaikan pidato tentang globalisasi. Dewasa ini kita telah mengalami Dampak globalisasi. globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan saling mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara.
Bagi sebagian masyarakat globalisasi merupakan hal yang biasa. Bagaimana tidak, dengan adanya globalisasi seseorang dapat menjalin komunikasi kini tidak dibatasi oleh ruang gerak yang sempit, artinya bahwa seseorang hingga mampu menjangkau dunia luar.
Betapa Dampak globalisasi mampu membuat kita berkembang. Perkembangan globalisasi ini sangat amat dirasakan oleh berbagai kalangan termasuk remaja. Globalisasi yang kita rasakan saat ini memiliki Dampak positif dan negative.

Dampak positif dari globalisasi misalnya dalam bidang penjualan, saat ini sedang marak penjualan berbagai barang lewat berbagai media online seperti facebook,twitter, path, instagram, dll. Akibat globalisasi, barang-barang seperti tas, pakaian, sandal, sepatu, dll yang di import dari Negara china sangat mendominasi pasar diindonesia.
Karena beraneka ragamnya penjualan barang import diindonesia tanpa membandingkan kualitas, maka kini bisa kita lihat banyaknya online shop yang menjual barang-barang Import dengan harga murah meriah, sehingga banyak remaja yang setiap harinya membeli barang-barang seperti baju, tas, sepatu, dll tanpa melihat skala prioritas atau skala kebutuhan mereka masing-masing. Ini artinya,

Disatu sisi globalisasi mampu memberikan kita peluang lebih besar untuk mengembangkan kemampuan kita dibidang ekonomi. Namun disisi lain, globalisasi juga memiliki Dampak negative yang sudah satu paket mengikutinya.
Dampak globalisasi yang kita rasakan saat mudahnya menjual barang-barang import dari china dengan harga murah adalah kualitas yang ditawarkan tidak dapat dipastikan, dengan bertransaksi secara online maka hanya kepercayaan yang diandalkan untuk melanjutkan transaksinya artinya tingkat penipuan akan semakin tinggi, dan yang paling penting juga akan menurunya daya saing barang-barang yang dihasilkan didalam negeri.
Tidak hanya pada bidang ekonomi terjadinya globalisasi, tetapi juga dalam beberapa bidang lainnya seperti, bidang transportasi, bidang ekonomi, bidang pemerintahan, dan bidang-bidang yang lainnya.

Hal yang paling jelas terlihat juga mungkin pada bidang pemerintahan, dimana pemerintah kita semakin mudah menjalin hubungan baik dengan Negara-negara tetangga ataupun negara yang cukup jauh jaraknya dari negara kita. Bahkan, betapa mudahnya pemerintah kita menjalin komunikasi sehingga sampai-sampai antar negara yang telah terjalin hubungannya mampu berkomunikasi lewat media social.
Dibalik Dampak baik dan buruk dari globalisasi yang terjadi diabad ini, hal yang perlu kita perhatikan dan lakukan adalah bagaimana menyikapinya, agar kita mampu mengambil hal positif dan menghindari akan hal-hal buruk yang mungkin saja kita terhasut untuk mengikutinya tanpa kita sadari.

Globalisasi mampu merubah hal yang sederhana menjadi luar biasa itu jika kita mampu memilah dan memilih serta bersikap akan adanya globalisasi. Namun, tidak untuk ikut terhasut dalam aliran globalisasi ini. Terus lah mengambil hal-hal positif disetiap waktu pada era globalisasi ini.
Sekian pidato saya ini, semoga kita dapat menarik kesimpulan dan mengambil hal-hal positif yang ada didalamnya. Mohon dimaafkan jika terdapat kekurangan, dan mohon ampun kepada allah SWT.
Saya akhiri Wassalamualaikum Wr.Wb


Mungkin Yang Kamu Cari: