Minggu, 24 Juni 2018

Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Ulang Tahun Kota Jakarta: 22 Juni


Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.


Contoh Pidato


Assalamaulaikum wr. wb
Hadirin yang berbahagia.
Tiada kalimat yang pantas kita ucapkan pada kesempatan kali ini, selain puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata'ala. Atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita masih bisa bersama berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal afiat.
Hadirin sekalian yang berbahagia...
Terima kasih kami ucapkan kepada pembawa acara yang telah berkenan memberikan waktunya kepada kami disini, untuk mewakili Bapak/Ibu hadirin sekalian, dalam rangka memperingati lahirnya Kota Jakarta tercinta yang jatuh pada hari ini, 22 Juni 2013.

Saudara-saudara sekalian...
Tanggal 22 Juni 1507 yang lalu, atau 506 tahun yang lalu, Kota Jakarta lahir. Di usianya yang lebih dari 500 tahun ini, kita semua berharap agar Kota Jakarta bisa menjadi sebuah kota yang kondusif dan nyaman bagi penghuninya.Kondusif dan nyaman dalam artian menjadi kota yang bebas banjir, kota yang tidak macet, kota yang terdapat penghijauan dimana-mana, kota yang minim tindak kriminalnya, dan lain sebagainya.
Bagi Kota Jakarta dengan beban jumlah penduduk yang berjumlah 10.187.595 (data BPS per November 2011) tentunya merupakan sebuah beban yang berat. Dengan luas total Jakarta yang hanya 660,37 kilometer persegi, berarti dalam setiap kilometer perseginya, ia harus menampung jumlah penduduk sebanyak 15.427 orang. Sangat padat sekali!

Hadirin yang berbahagia...

Jumlah yang banyak itu tentunya berimbas pada kebutuhan sandang dan pangan yang jumlahnya juga banyak. Ini tentu menjadi beban berat bagi pemerintah untuk bisa memeratakan jatah kue pembangunan ke berbagai pelosok Jakarta.
Belum lagi permasalahan lainnya, yaitu kriminalitas. Setiap hari, pasti kita dapati berita di berbagai media cetak dan elektronik terkait tindakan kriminalitas di Kota Jakarta tercinta ini. Berita terkait hal itu tersaji setiap hari seolah tiada habisnya. Ini tentunya merupakan beban berat tersendiri bagi pihak kepolisian untuk menanganinya.
Beberapa masalah yang kami kemukakan diatas, adalah hanya sekelumit saja diantara tumpukan masalah yang sedang mendera Jakarta. Untuk menanganinya, tentunya ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan pihak berwenang semata. Ini butuh kerja sama dan kerja keras semua warga Jakarta.

Bapak dan Ibu sekalian...
Mari bersama kita bahu-membahu bekerja keras demi Jakarta tercinta. mari kita ciptakan Kota Jakarta menjadi kota yang nyaman, asri, aman, bersih. Kota yang mampu menjadi tumpuan harapan hidup jutaan penduduk yang hidup diatasnya. Kalau bukan kita semua yang bekerja untuk Jakarta, lalu kepada siapa lagi kita berharap?
Mudah-mudahan di ulang tahun Kota Jakarta kali ini, Jakarta akan lebih baik lagi dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu. Semoga.
Wassalamualaikum wr.wb.


Mungkin Yang Kamu Cari: